Ahad 01 Jan 2023 01:03 WIB

Liburan di Rumah Saja? Coba Berkreasi Bikin Hidangan Bebas Gluten

Ada banyak ide makanan bebas gluten yang bisa dicoba dibuat sendiri di rumah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Omelet bayam
Foto: Foodlion
Omelet bayam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang melewatkan pekan liburan di rumah saja, jangan cemas tidak bisa melakukan kegiatan yang seru. Berkutat di dapur dan berkreasi dengan resep hidangan rumahan dapat menjadi opsi aktivitas seru, apalagi untuk yang senang memasak.

Ada banyak ide makanan bebas gluten yang bisa dicoba dibuat sendiri di rumah. Menyantap hidangan bebas gluten bisa memiliki manfaat kesehatan tertentu, mengingat ada banyak orang yang tidak toleran terhadap gluten, dan memiliki reaksi kekebalan tertentu setelah makan gluten.

 

Ada beberapa bahan pengganti gluten untuk membuat makanan sehat, termasuk memakai tepung bebas gluten, quinoa, kentang, oat bebas gluten, soba, dan banyak lagi. Berikut beberapa ide hidangan bebas gluten sederhana yang dapat dibuat sendiri, dikutip dari laman Asia One, Kamis (29/12/2022).

 

- Omelet bayam

Telur dadar bayam adalah salah satu hidangan bebas gluten terbaik untuk sarapan. Hidangan ini bisa memberi asupan protein dan zat besi. Menambahkan perasan lemon sebelum mencampur bayam dan telur juga bisa dilakukan, agar zat besi bereaksi dengan vitamin C dan mengubahnya menjadi bentuk yang mudah diserap tubuh.

 

- Oat bebas gluten 

Opsi lain adalah oat bebas gluten, kaya kandungan serat makanan baik yang dikenal sebagai beta-glukan, berfungsi membantu menurunkan kolesterol. Oat bisa disiapkan sejak malam sebelumnya, disimpan di lemari es, lalu disantap di pagi hari dengan menambahkan beberapa potong buah.

 

- Telur orak-arik keju

Telur orak-arik yang dicampur dengan keju adalah sarapan kaya protein bebas gluten yang cocok untuk memulai hari. Kandungan protein tinggi membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah ngemil yang tidak sehat sebelum waktu makan siang.

 

- Salad Thailand

Hidangan bebas gluten ini enak dimakan pada siang hari. Kombinasikan banyak sayuran bergizi seperti wortel, paprika, dan kale untuk membuat salad penuh warna, serta menjadi sumber zat besi dan protein yang baik. Bisa juga dapat menambahkan kacang edamame untuk protein ekstra.

 

- Quinoa burrito bowl

Kinoa alias quinoa merupakan biji-bijian kaya protein dan bebas gluten. Campurkan dengan berbagai jenis sayuran favorit untuk membuat quinoa burrito bowl. Tambahkan lagi dengan ayam sebagai pelengkap, atau tuna jika lebih menyukai ikan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement