Jumat 30 Dec 2022 06:21 WIB

KAI Surabaya tak Izinkan Ratusan Penumpang Naik Kereta Akibat Belum Vaksinasi

Sejumlah penumpang juga memiliki suhu tubuh tinggi saat diperiksa

Red: Nur Aini
Penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur, ilustrasi.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 245 penumpang tidak diizinkan naik kereta dan melakukan perjalanan. Hal itu karena di antaranya belum vaksinasi dan suhu tubuh saat diperiksa lebih dari 37,3 derajat Celcius, Kamis (29/12/2022)

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jatim, Kamis, mengatakan KAI tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta konsisten selama pelaksanaan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. "Calon pelanggan agar memperhatikan kembali ketentuan perjalanan agar terhindar dari risiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap," kata dia.

Baca Juga

KAI, kata dia, hanya memberangkatkan pelanggan yang telah memenuhi persyaratan sesuai regulasi pemerintah, jika tidak melengkapi persyaratan dan dalam kondisi yang tidak memungkinkan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya. "Kami mengimbau pelanggan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan KA yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ujar dia.

Menurut dia, seluruh aturan KAI berpegang pada Surat Edaran 84 Kementerian Perhubungan RI yang berlaku sejak 30 Agustus 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023. "Guna membantu pelanggan melengkapi syarat perjalanan, Daop 8 Surabaya menyediakan layanan vaksin di tiga stasiun, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang," ujar dia.

Data dari KAI Daop 8 Surabaya, tercatat jumlah tiket KA jarak jauh yang telah terjual pada masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 hingga 28 Desember 2022 telah terjual sebanyak 404.887 tempat duduk. Menurut dia, penjualan tertinggi untuk tanggal favorit masyarakat menggunakan kereta api yakni pada 23 Desember 2022, sebanyak 40.307 tiket telah terjual untuk keberangkatan pada tanggal tersebut. "Sedang pada hari ini, kepadatan juga masih terasa di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, tercatat sebanyak 26.390 tiket telah terjual. Kota tujuan terbanyak menuju ke arah Jakarta, Yogyakarta, Bandung serta juga ke Jember dan Banyuwangi," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement