Kamis 29 Dec 2022 21:03 WIB

Gelar Raker, LAZISNU PBNU Perkuat Koherensi Lembaga

Raker mengambil tema ‘Memantapkan Koherensi Kelembagaan’.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU menggelar Rapat Kerja (Raker) di Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok Lazisnu PBNU
Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU menggelar Rapat Kerja (Raker) di Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU menggelar Rapat Kerja (Raker) sebagai upaya menguatkan keselarasan atau koherensi kelembagaan. Raker yang mengambil tema ‘Memantapkan Koherensi Kelembagaan’ itu digelar selama dua hari, Kamis sampai Jumat tanggal 29-30 Desember 2022 di Grand Pesona Hotel & Resort, Bogor, Jawa Barat.

Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan arahan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf terkait penguatan koherensi lembaga, yang disampaikan pada Rakernas LAZISNU 16-18 Desember 2022 di Hotel Golden Boutique, Jakarta.

Baca Juga

“Kami sampaikan hormat dan terima kasih kepada Rais ‘Aam, Ketua Umum PBNU, dan seluruh jajaran pengurus PBNU yang selalu mendukung dan memberikan arahan untuk LAZISNU agar semakin maju. Dan ini (kegiatan) dalam rangka menjalankan arahan, instruksi dari Ketum untuk memperkuat koherensi dalam kepengurusan lembaga,” jelas Habib Ali Hasan saat membuka Raker secara virtual dari Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Kamis (29/12/2022).

Selain koherensi, Habib Ali Hasan juga menegaskan bahwa LAZISNU sebagai lembaga zakat harus bisa menjaga amanah dengan sebaik-baiknya.

“Ada ayat Al-Qur’an yang turun ketika Nabi Muhammad sedang berada di dalam Ka’bah, yaitu ayat tentang (menyampaikan) amanat. Artinya, kita semua, kita di LAZISNU tidak bisa lepas dari amanat. Kita mendapatkan tugas untuk benar-benar amanah; untuk selalu menjaga amanah dengan sebaik-baiknya. Di dalam riwayat lain, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa agama adalah amanat,” tegas mubalig yang juga akademisi UIN Syarif Hidayatullah tersebut.

“Rais ‘Aam dan Ketum PBNU mengingatkan kepada saya, bahwa kita (LAZISNU) harus benar-benar amanah; harus benar-benar membuktikan dan menunjukkan bahwa kita menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” imbuh Habib Ali Hasan.

Dirinya pun mengapresiasi manajemen dan pengurus LAZISNU yang sampai saat ini sudah menjalankan tugasnya dengan amanah.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada manajemen, kepada pengurus, kita (LAZISNU) sudah menjalankan tugas dengan amanah. Kita pun sudah melakukan Rakernas, melihat bagaimana potret LAZISNU secara keseluruhan. Kegiatan ini juga dalam rangka kita menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil memaparkan agenda Raker LAZISNU, salah satunya Sosialisasi Penerapan Tata Kelola Lembaga Berdasar ISO 9001:2015 dari Dynamic Consultant.

“Agenda pertama yaitu terkait penerapan SOP (Standard Operating Procedure) manajemen dan tata kelola kelembagaan dengan standar ISO (The International Organization for Standardization), yang hari ini akan dipandu langsung oleh Ibu Endang Budi Utami selaku pakar, konsultan ISO dari Dynamic Consultant,” papar Qohari.

Selain itu, pembahasan mengenai Rencana Strategis (Renstra) LAZISNU PBNU, Laporan Kinerja Tahun 2022 dan Program Kerja 2023, serta pembahasan SOP Manajemen NU Care-LAZISNU PBNU menjadi rangkaian dalam agenda Raker yang digelar selama dua hari tersebut.

Pada kegiatan tersebut, Habib Ali Hasan juga menyampaikan duka cita dan memimpin doa bersama atas wafatnya Almarhum H Mustangin yang merupakan bapak mertua dari Wakil Ketua Umum PBNU KH Nusron Wahid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement