Senin 26 Dec 2022 12:27 WIB

Wisatawan Tertahan di Karimunjawa Bakal Dievakuasi KM Kelimutu

KM Kelimutu dari Sampit akan berlabuh di pelabuhan Legon Bajak, Karimunjawa.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andi Nur Aminah
Kapal Motor (KM) Kelimutu
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Kapal Motor (KM) Kelimutu

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ratusan wisatawan yang masih tertahan di kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi bakal dievakuasi oleh Kapal Motor (KM) Kelimutu. Rencananya, kapal penumpang Pelni yang berangkat dari Sampit tersebut akan berlabuh di kepulauan Karimunjawa untuk mengangkut ratusan wisatawan yang sudah beberapa hari ttertahan.

Ihwal ini disampaikan oleh Kepala Syahbandar Karimunjawa, Sunu Retmawanto yang dikonfirmasi dari Semarang, Senin (26/12). Menurutnya, terkait cuaca buruk yang mengakibatkan ratusan wisatawan tertahan di kepulauan Karimunjawa, pihak Unit Penyelenggara Pelabuhan(UPP) Kelas III Karimunjawa maupun Bupati Jepara telah bersurat kepada Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI.

Baca Juga

Melalui surat Nomor: UM.006/6/19/UPP.KRJW/2022 tertanggal 25 Desember 2022, UPP Kelas III Karimunjawa telah menyampaikan Permohonan Bantuan Armada Kapal PT Pelni untuk mengevakuasi wisatawan yang tertahan di kepulauan Karimunjawa.

“Surat ini telah direspons dan direncanakan, KM Kelimutu dari Sampit akan berlabuh di pelabuhan Legon Bajak, Pulau Kemujan, Kecamatan Karimunjawa untuk menaikkan wisatawan yang tertahan sebelum berangkat kembali menuju Tanjung Emas Semarang,” jelasnya.

Terkait hal ini juga dikuatkan dengan terbitnya surat penugasa PT Pelni terkait dengan koreksi pelayaran KM Kelimutu. Sesuai kontrak PSO, rute KM Kelimutu melayani pelayaran Surabaya- Kumai- Surabaya- Sampit- Semarang- Kumaai- Semarang- Karimunjawa- Semarang- Sampit- Surabaya.         

Sehubungan dengan rencana evakuasi wisatawan yang tertahan di kepulauan Karimunjawa, maka KM Kelimutu akan melakukan penyesuaian operasi lanjutan keberangkatan Sampit 26 Desember 2022 akan melayani rute Surabaya- Kumai- Surabaya- Sampit- Karimunjawa- Semarang- Kumai- Semarang- Karimunjawa- Semarang- Sampit- Surabaya.

KM Kelimutu dengan estimasi waktu keberangkatan dari Sampit Senin 26 desember 2022 pukul 16.00 WIB diperkirakan akan tiba di Karimunjawa pada Selasa 27 Desember 2022 pukul 17.00 WIB. Sedangkan estimasi waktu keberangkatan dari Karimunjawa (Pelabuhan Legon Bajak) Selasa 27 Desember 2022 pukul 18.00 WIB dan estimasi kedatangan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Rabu 28 Desember 2022 pukul 01.00 WIB dini hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement