Sabtu 24 Dec 2022 16:42 WIB

Jelang Misa Malam Natal, Heru Kunjungi Gereja-Gereja di Jakarta

Pemprov DKI ingin memastikan perayaan natal berlangsung aman dan damai.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ditemani pimpinan Forkopimda disambut beberapa pengurus Gereja di DKI Jakarta, Sabtu (24/12).
Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ditemani pimpinan Forkopimda disambut beberapa pengurus Gereja di DKI Jakarta, Sabtu (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyambangi beberapa gereja jelang malam Natal 2022, Sabtu (24/12). Berangkat dari Balai Kota sekira pukul 14.45 WIB, Heru pertama mengunjungi GPIB Imannuel di Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Heru yang mengenakan pakaian batik dan celana hitam ditemani para pimpinan Forkopimda seperti Kapolda DKI Jakarta Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayor Jenderal Untung Budiharto serta Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani. Heru, tiba di GPIB Imannuel pada pukul 15.00 dan melihat kondisi persiapn Natal di gereja.

Baca Juga

Sesaat kemudian, ia bersama rombongan Forkopimda dan para awak media melanjutkan kunjungan ke Gereja Katederal. Setelah meninjau lokasi selama 15 menit, Heru akan berpindah ke tempat ketiga, Gereja Katolik Ignatius Loyola dan lokasi terakhir GPIB Paulus.

Jadwal kunjungan Heru ke beberapa gereja akan berakhir jelang Misa Malam Natal sekitar pukul 16.40 WIB. Dirinya, langsung kembali ke Balai Kota dengan rombongan.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual, Gunas Mahdianto, mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan beberapa rangkaian acara perayaan Natal di beberapa titik. Menurut dia, berbagai penyelenggaraan yang ada merupakan upaya Pemprov DKI dalam memelihara kerukunan beragama.

“Juga memastikan perayaan Natal di wilayah DKI Jakarta berlangsung aman, kondusif, damai dan penuh sukacita,” kata Gunas dalam keterangannya, Rabu (21/12).

Dijelaskan dia, rangkaian acara perayaan Natal ini mengusung semangat toleransi, keharmonisan, keamanan, kedamaian dan Sukacita di Jakarta. Menurut Gunas, penyelenggaraan acara Natal di Jakarta tetap menaati aturan PPKM. Bahkan, dia mengklaim di sejumlah gereja terdapat lokasi vaksinasi yang disediakan oleh Dinkes DKI Jakarta. l

Adapun rangkaian acara Perayaan Natal di Jakarta sebagai berikut:

1. Kidung Natal: 19-23 Desember 2022, pukul 15.30-17.30 WIB, di Terowongan Kendal, Kota Tua dan Pedestrian Hotel Indonesia.

2. Jakarta Lights Festival: 22 Desember 2022 – 5 Januari 2023, di Taman Sumenep Promenade, Jakarta Pusat dan Pelataran Museum Sejarah, Jakarta Kota Tua.

3. Kunjungan Gereja: 24 Desember 2022.

4. Perayaan Natal Bersama di Ancol: 13 Januari 2023, yang di antaranya diikuti oleh ASN dan BUMD DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement