Jumat 23 Dec 2022 23:42 WIB

Kampanyekan Keberagaman Beras, KRKP Tampilkan Rasa Nasi Nusantara  

Adanya peran penting Ibu dalam menyediakan pangan sehat dan bergizi bagi keluarga.

JJ Rizal berbagi cerita tentang sejarah beras di Indonesia
Foto: istimewa
JJ Rizal berbagi cerita tentang sejarah beras di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) bersama dengan Keboen Sastra dan beberapa komunitas seni di Kota Bogor didukung oleh Rikolto Indonesia mengadakan serangkaian acara dengan mengusung tema “Icip-Icip Rasa Nasi Nusantara”.

Acara yang diadakan di Taman Ekspresi, Kota Bogor ini dihadiri oleh ratusan pengunjung. Acara ini merupakan bagian dari kampanye publik yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada publik mengenai keberagaman beras di Indonesia dan urgensi dalam mendorong kebijakan beras berkelanjutan di Indonesia.

 

Wahyu Ridwan Nanta, selaku perwakilan dari KRKP, mengemukakan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengingatkan kepada publik peran penting Ibu dalam menyediakan pangan yang sehat dan bergizi bagi keluarga.

Selain itu, Nanta juga mengingatkan kepada para seluruh pengunjung peran penting petani dalam menjaga ketersediaan pangan di negeri ini. Nanta juga menyampaikan nasib petani yang belum sejahtera hingga kini.

“Mari kita ingat bersama, bagaimana nasib para petani yang menyediakan nasi di meja makan kita, sudah sejahtera kah? Mengingat kenaikan harga akibat kenaikan BBM, belum lagi dengan kabar importasi. Sudah sejahtera kah para petani?,” katanya.

 

Setelah sambutan dan acara dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari beberapa komunitas seni di Kota Bogor, seperti perkusi, teater, dan musik. Selain itu, para pengunjung juga dipersilakan untuk mencicipi beragam nasi dari berbagai jenis beras yang ditanam di berbagai daerah.

Adapun nasi yang disajikan di acara tersebut adalah beras jenis menthik susu, menthik merah, menthing wangi merah dan hitam dari Boyolali,  Rojolele Srinuk merah dan Hitam dari Klaten, Beras Adan Putih dan Merah dari Kalimantan. Selain mencicipi beragam nasi, pengunjung juga diminta mendeskripsikan nasi yang telah dicicipi.

 

Talk show dengan tema “Cerita Nasi Nusantara” menjadi rangakaian kegiatan ini. JJ Rizal, sebagai salah satu narasumber pada talk show tersebut banyak menceritakan sejarah perkembangan beras di Indonesia dan dinamika beras di Indonesia.

Menurut JJ Rizal, mulanya beras merupakan makanan para elit yang kemudian berubah secara perlahan-lahan menjadi makanan bagi semua kalangan. JJ Rizal juga bercerita bahwa sejak dulu, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketersediaan pangan di Indonesia.

“Pelajaran yang dapat diambil dalam periode yang sangat panjang tersebut adalah, bahwa urusan pangan adalah urusan yang sangat serius,” ujar JJ Rizal.

 

Hadir juga pada talk show tersebut Ibu Boyya, selaku perwakilan dari Jabar Bergerak. Bu Boyya yang menceritakan peran Ibu dalam membangun keluarga yang sehat dan bergizi.

Narasumber lain di talk show tersebut ialah Murbowo, selaku petani dari Boyolali. Pada kesempatannya, Murbowo banyak menceritakan nasib dan kehidupan para petani yang kian hari kian menghadapi kesulitan.

Murbowo juga bercerita bahwa regenerasi petani merupakan masalah yang amat sulit untuk diselesaikan. “Kalau di pertanian padi, hampir selalu minus karena yang utama input produksi yang tinggi harganya,” terang Murbowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement