Jumat 23 Dec 2022 23:07 WIB

Warga Sukabumi Sambut Jalan Tol Bocimi Seksi II yang Dibuka Selama Nataru

Pengguna Tol Bocimi Seksi II dapat menikmati pemandangan yang indah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham Tirta
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jalan Tol  Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II resmi difungsikan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini. Pembukaan jalan tol dimulai dari pintu tol di Cigombong Kabupaten Bogor pada Jumat (23/12/2022) sekitar pukul 13.30 WIB.

Pembukaan jalan tol Bocimi Seksi II ini mendapatkan respon positif dari warga Sukabumi. Sejumlah warga tampak berswafoto di exit tol di Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumim

Baca Juga

"Bagus pemandangannya indah, intinya kami senang punya tol baru," kata salah seorang warga Sukabumi, Yeni usai swafoto. Ia berharap keberadaan jalan tol ini bisa mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di jalur Sukabumi-Bogor.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi ikut mencoba jalan Tol Bocimi Seksi II dari arah Bogor ke Sukabumi. Ia merasa suasana pemandangan eksotik di jalan tersebut.

Ia berharap pembukaan jalan itu memberikan dampak bagi pembangunan di Kota Sukabumi. ''Barusan dari Jakarta dan dari Cigombong ke Sundawenang hanya 15 menit, sebelumnya melalui jalur biasa tidak terperkirakan waktunya,'' kata Fahmi.

Menurut Fahmi, rampungnya pembangunan tol tahap II itu membuat pihaknya meenata kembali infrastruktur di pusat kota. Misalnya, penataan kawasan pedestrian atau trotoar agar lebih indah dan nyaman bagi warga maupun pengunjung yang ke Sukabumi.

Dari pantauan di exit Tol Bocimi Seksi II, sejumlah kendaraan roda empat yang didominasi dari arah Jabodetabek mulai melintasi jalan tol untuk alternatif mengatasi kemacetan. Satu persatu kendaraan keluar dari Tol Bocimi seksi II. Mereka kebanyakan menuju ke arah Kota Sukabumi dan ke arah Cicurug.

Kendaraan yang melintas hanya golongan I, yakni jenis sedan, jip, dan minibus karena Tol Bocimi seksi 2 belum rampung seratus persen. Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Bagus Yudho Setiawan mengatakan, pihaknya telah mengerahkan 20 personel untuk mengamankan lalulintas di tol tersebut.

"Alhamdulillah hari ini sudah pembukaan tadi ada sekitar 20 sampai 30 mobil yang kami pantau dari pintu masuk. Untuk kendaraan dibilang cukup ramai, tapi tidak terlalu ramai," kata Yudho.

Yudho mengungkapkan, jalan Tol Bocimi Seksi II dapat mengatasi kemacetan yang ada di jalur Cicurug hingga Parungkuda. Di sekitaran tol diterjunkan sebanyak 20 orang untuk mengantisipasi perpindahan dari jalur A menuju jalur B dan sebaliknya.

Untuk mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan, Polres juga menyiapkan derek dan anggota Laka di pintu masuk. "Kami juga mengantisipasi (kemacetan), khususnya di area pasar Cibadak dan menggunakan jalur alternatif Nagrak sebagai jalur utama mengarah ke Sukabumi Kota itu yang dari Karangtengah, sebagai antisipasi untuk pengurangan masuk ke sekitaran Nagrak," kata dia.

Tol Bocimi Seksi II hingga III hanya menggunakan satu jalur pada Januari 2023. Tol dibuka dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Dari tanggal 23 Desember 2022 sampai 31 Desember 2022, Tol Bocimi Seksi II digunakan untuk arah Cigombong ke Parungkuda. Lalu pada 1 Januari 2023 sampai 3 Januari 2023 untuk arah Parungkuda ke Cigombong.

Selanjutnya, selama beroperasi pada libur Nataru kali ini, Tol Bocimi seksi 2 gratis dilalui kendaraan roda empat golongan 1.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement