Jumat 23 Dec 2022 12:01 WIB

Akademisi Unand Sebut Posisi Erick Thohir Strategis pada Pilpres 2024

Masyarakat menginginkan tokoh muda energik, kreatif, dan punya etos kerja yang baik

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir disambut ribuan simpatisan di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatra Barat, Selasa (20/12/2022)|
Foto: Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir disambut ribuan simpatisan di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatra Barat, Selasa (20/12/2022)|

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat Indraddin menilai posisi Menteri BUMN Erick Thohir strategis pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya Erick punya nilai lebih di mata masyarakat.

"Erick memiliki nilai lebih di mata masyarakat, sehingga posisi Erick saat ini sangat strategis di Pilpres 2024," kata Indraddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga

Menurutnya, Erick Thohir tidak harus dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,yang berdasarkan hasil beberapa survei menempati posisi atas bersama nama-nama lainnya, untuk menempati posisi strategis itu. "Tidak dipasangkan dengan Ganjar pun Erick akan mampu meningkatkan elektabilitas pasangannya," katanya.

Menurut dia, masyarakat saat ini menginginkan tokoh muda energik, cukup kreatif, dan memiliki etos kerja baik dalam meningkatkan perekonomian nasional, khususnya dalam membenahi BUMN. Sementara itu, hasil survei Poltracking Indonesia yang dilakukan 21-27 November 2022 lalu merekam elektabilitas Erick Thohir sebesar 16,2 persen sebagai calon orang nomor dua di Indonesia.

Dengan hasil survei itu, Indraddin mengatakan tingginya capaian elektabilitas Erick Thohir karena publik sudah melihat hasil kerjanya di Kementerian BUMN. "Erick merupakan salah satu dari calon wakil presiden yang saat ini diinginkan masyarakat. Wajar saja jika polling menempatkannya sebagai cawapres yang paling diminati masyarakat," jelasnya.

Selain itu, Erick juga dinilai peduli terhadap pembangunan infrastruktur dan perkembangan ekonomi masyarakat, termasuk di Sumatra Barat. Dengan berbagai terobosan yang dilakukan, Erick dinilai dapat memenuhi harapan masyarakat.

"Masyarakat melihat prestasi beliau selama ini di BUMN. Sebagai pengusaha, ia memiliki kemampuan manajerial yang sangat bagus," ujarnya.

Terkait kunjungan Erick Thohir ke Sumatra Barat beberapa waktu lalu, Indraddin menilai respons masyarakat setempat positif. Masyarakat Sumbar menyukai tokoh yang memiliki etos kerja tinggi dan kreatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement