Senin 19 Dec 2022 17:04 WIB

Basarnas Yogyakarta Siagakan 70 Personel Siaga Natal dan Tahun Baru

Banjir, gelombang tinggi, longsor, banjir bandang, angin ribut patut diwaspadai.

Foto udara yang diambil dengan drone menunjukkan tim penyelamat mencari korban bencana gempa bumi (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Foto udara yang diambil dengan drone menunjukkan tim penyelamat mencari korban bencana gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta menyiagakan 70 personel untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat selama Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di kabupaten/kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pelaksanaan Siaga SAR khusus Nataru (Natal dan Tahun Baru) kali ini berlangsung selama 16 hari dimulai dari 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi saat memimpin Apel Siaga SAR sebagaimana keterangan tertulis Humas Basarnas di Yogyakarta, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan potensi ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru ini, di antaranya bencana hidrometeorologi yaitu banjir, gelombang tinggi, longsor, banjir bandang, dan puting beliung.

Selain itu, bencana geologi, seperti gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi, serta kecelakaan transportasi, baik darat, laut, maupun jalan raya. "Yang terakhir adalah potensi ancaman kondisi membahayakan manusia di antaranya kedaruratan di tempat-tempat wisata," katanya.

 

Dalam Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru Basarnas Yogyakarta, ada lima pergerakan dengan Posko Induk Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru di Kantor Basarnas Yogyakarta. Pergerakan pertama, patroli bergerak dengan rute Bandara Adisutjipto-Stasiun Tugu Yogyakarta dari Posko Gabungan Siaga SAR di Jalan Wates KM 4 akan disiagakan empat personel dilengkapi satu kendaraan rescue, motor trail, peralatan ekstrikasi, medis, dan peralatan evakuasi lainnya.

Pergerakan dua, patroli bergerak Unit Siaga Congot Kulon Progo untuk rute kawasan Bandara YIA, pantai di Kulon Progo, dan patroli di Jalan Wates-Purworejo untuk penanganan khusus kecelakaan lalu lintas dengan korban terjepit bodi kendaraan.

Pergerakan tiga patroli bergerakPos Basarnas Gunung Kidul untuk rute destinasi pantai di Gunung Kidul dilengkapi kendaraan rescue, yang di dalamnya terdapat alat ekstrikasi, kotak medis, peralatan evakuasi medan vertikal. Pergerakan empat patroli dengan destinasi pantai di Kabupaten Bantul yang dilengkapi dengan kendaraan rescue yang di dalamnya sudah terdapat alat ekstrikasi, kotak medis, peralatan evakuasi medan vertikal.

"Sedangkan pada 30 dan 31 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 di siagakan di Pos SAR Parangtritis berjumlah empat personel bersama dengan SAR Satlinmas Parangtritis yang dilengkapi dengan satu unit kendaraan beach patrol," katanya.

Pergerakan lima, Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan dua unit jetsky dengan empat personel di Pantai Wediombo Gunung Kidul dimulai pada 30 sampai 31 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023.

"Tim jetsky ini akan bersinergi dengan SAR Satlinmas Pantai Sadeng untuk pengamanan wisatawan yang berwisata di pantai, mengingat pantai di wilayah Gunung Kidul saat ini adalah destinasi wisata favorit wisatawan," katanya.

Ia berharap, dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Barutetap melaksanakan prinsip-prinsip quick response of SAR dalam merespons setiap bentuk kedaruratan secara profesional, sinergi, dan militan. "Dan untuk mengurangi potensi terjadi kecelakaan agar ditingkatkan koordinasi dan sinergitas siaga dengan seluruh potensi SAR wilayah masing-masing, demi terwujudnya pelayanan Siaga SAR yang optimal dan terpadu," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement