Jumat 16 Dec 2022 06:58 WIB

Aquarium Indonesia di Pangandaran Mulai Beroperasi Akhir Pekan Ini

Tiket masuk Aquarium Indonesia di Pangandaran dimulai dari Rp 40 ribu.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Indira Rezkisari
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Tempat itu akan mulai dibuka untuk publik pada Sabtu (17/12/2022).
Foto: Aquarium Indonesia Pangandaran.
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Tempat itu akan mulai dibuka untuk publik pada Sabtu (17/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Penantian panjang operasional Aquarium Indonesia Pangandaran (sebelumnya disebut Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute atau Piamari) di Kabupaten Pangandaran akhirnya akan selesai pada akhir pekan ini. Akuarium yang didirikan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai objek wisata edukasi itu akan resmi dibuka untuk umum pada Sabtu (17/12/2022).

Marketing Aquarium Indonesia, Ahmad Syafii Lubis, mengatakan, tempat yang kini dikelola oleh PT Tridacna Banyu Lestari, itu akan resmi beroperasi pada Sabtu pekan ini. Operasional Aquarium Indonesia akan diawali dengan kegiatan syukuran dan doa bersama dengan para tamu undangan dari KKP, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, perwakilan nelayan, dan masyarakat sekitar.

Baca Juga

"Pada hari Sabtu, kami akan buka sejak pukul 13.30 WIB untuk umum, karena paginya akan ada syukuran terlebih dahulu. Baru mulai Ahad, operasional sudah 100 persen sejak pagi hingga sore hari," kata dia kepada Republika, Kamis (15/12/2022/2022).

Lubis menjelaskan, Aquarium Indonesia Pangandaran akan beroperasi setiap hari. Pada Senin hingga Jumat, tempat itu akan buka sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sementara untuk akhir pekan, Aquarium Indonesia Pangandaran beroperasi sejak pukul 08.30 WIB hingga 15.30 WIB.

photo
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Tempat itu akan mulai dibuka untuk publik pada Sabtu (17/12/2022). Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran. - (Aquarium Indonesia Pangandaran.)

Sementara untuk harga tiketnya, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 40 ribu per orang untuk hari biasa dan Rp 50 ribu per orang untuk hari libur. "Karena mulai pekan depan itu bertepatan dengan momen Nataru, harga tiket Rp 50 ribu hingga akhir Desember," kata dia.

Menurut Lubis, harga tiket itu relatif murah jika dibandingkan wahana serupa di tempat lainnya. Bahkan, ia menyebut, harga tiket masuk ke Aquarium Indonesia Pangandaran tak sampai tak sampai 50 persen harga tiket tempat serupa di daerah lain.

"Untuk masyarakat lokal, kami juga akan siapkan promo khusus," kata dia.

Ia menjelaskan, dengan harga tiket yang terjangkau itu, pengunjung akan disuguhkan berbagai pertunjukan dari berbagai biota laut yang ada di Aquarium Indonesia Pangandaran. Setelah melewati pintu masuk, akan disuguhkan akuarium silinder dengan tinggi 7 meter dan diameter 5 meter. Di dalamnya, terdapat berbagai jenis ikan berukuran kecil yang hidup bergerombol (schooling fish).

Selain itu, di dekat pintu masuk juga akan ada akuarium tematik. Salah satunya adalah akuarium yang terbuat dari mobil. Setelah melewati tempat pertama, pengunjung akan menaiki tangga yang mengelilingi akuarium silinder. Di lantai dua, terdapat museum Ibu Rempah. Museum itu menyajikan berbagai sejarah, salah satunya terkait masa kejayaan Nusantara.

photo
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Tempat itu akan mulai dibuka untuk publik pada Sabtu (17/12/2022). - (Aquarium Indonesia Pangandaran.)

Di dekat museum Ibu Rempah itu juga terdapat kolam sentuh yang berisi biota laut yang aman, seperti bintang laut, penyu, ikan pari, hiu bambu, dan biota laut lainnya. "Jadi pengunjung bisa ikut memberi makan atau menyentuh ikan di kolam itu. Kami juga siapkan guide yang akan memandu para pengunjung di sana," kata Lubis.

Setelah melewati kolam sentuh, pengunjung akan sampai di akuarium cekung sepanjang sekitar 47 meter. Pengunjung akan berjalan dengan nuansa seolah berada di tengah laut.

Terakhir, pengunjung akan sampai di akuarium utama atau jendela akuarium terbesar di Indonesia, yang membentang sepanjang 33 meter. Di akuarium itu, hidup berbagai biota laut berukuran besar, seperti hiu, pari, lenyu, dan beragam jenis ikan laut lainnya.

"Di akuarium utama itu juga akan ada pertunjukan penyelam memberi makan ikan. Itu boleh disaksikan oleh pengunjung," ujar Lubis.

Menurut dia, Aquarium Indonesia Pangandaran merupakan destinasi wisata alternatif di Kabupaten Pangandaran. Selain untuk berwisata, pengunjung yang datang juga akan disuguhkan berbagai macam edukasi.

"Jadi bisa main sambil belajar," kata Lubis.

photo
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Tempat itu akan mulai dibuka untuk publik pada Sabtu (17/12/2022). - (Aquarium Indonesia Pangandaran.)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement