Jumat 16 Dec 2022 06:52 WIB

Pemkab Garut Siap Pasok Bawang Merah ke Berbagai Daerah

Salah satu pusat produksi bawang merah Garut ada di Bayongbong, yaitu 1.500 hektare.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolandha
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar panen raya bawang merah di Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Kamis (15/12/2022).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar panen raya bawang merah di Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Kamis (15/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar panen raya bawang merah di Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Kamis (15/12/2022). Luasan lahan yang dipanen hari itu mencapai sekitar 100 hektare.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, di Kecamatan Bayongbong terdapat sekitar 1.500 hektare lahan yang ditanami bawang merah. Dengan lahan yang mencapai ribuan hektare itu, Kabupaten Garut disebut siap menjadi pemasok bawang merah untuk kota-kota besar di Indonesia.

Baca Juga

"Satu hektare bisa menghasilkan optimum 12 ton dan dipanen di usia 60 hari. Kita bisa memberikan keyakinan, untuk bawang merah Garut siap menjadi pemasok," kata dia, Kamis.

Tak hanya di Kecamatan Bayongbong yang terdapat lahan untuk pertanian bawang merah. Menurut Rudy, tanamam bawa merah dapat ditanam di wilayah kecamatan lain yang ada di Kabupaten Garut. Total lahan untuk bawang merah disebut lebih dari 3.000 hektare.

"Garut (mau) bawang merah, cabai, wortel, kentang semua ada di Garut, dan tentu kita tidak membutuhkan lagi impor-impor dari luar. Kita semua bisa. Bawang merah bawang putih, bisa ditanam di Garut," ujar Rudy.

Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ardhy Ferdian, mengatakan, berdasarkan data statistik, daerahnya memiliki luas lahan bawang merah sekitar 3.500 hektare. Dari total luas itu, lahan yang bisa dipanen mencapai 3.200 hektare.

"Kemudian produksi mencapai 32.400 ton," kata dia.

Ia mengatakan, sentra produksi bawang merah di Kabupaten Garut terletak di Kecamatan Bayongbong, yang produksinya hampir 50 persen dari total produksi bawang merah di Kabupaten Garut. Selain itu, lahan pertanian bawang merah juga terdapat di Kecamatan Sucinaraja, Pangatikan, Sukaresmi, Cisurupan, Cikajang, dan Cigedug.

Menurut Ardhy, sejak 2021, Kabupaten Garut ditetapkan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan program food estate holtikultura, dengan fokus komoditi yaitu kentang, cabe dan bawang merah. Kecamatan Bayongbong ini merupakan sentra utama program food estate holtikultura untuk komoditas bawang merah.

Ia menambahkan, Pemkab Garut juga banyak memberikan dukungan untuk menunjang kesuksesan program food estate holtikultura. Salah satunya dengan pembangunan jalan usaha tani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement