Kamis 15 Dec 2022 20:32 WIB

Tokoh Betawi: Generasi Muda Perlu Teladani Haji Lulung

Tokoh Betawi Riano P Ahmad sebut generasi muda perlu meneladani Haji Lulung.

Almarhum Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Tokoh Betawi Riano P Ahmad sebut generasi muda perlu meneladani Haji Lulung.
Foto: Dok DPR
Almarhum Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Tokoh Betawi Riano P Ahmad sebut generasi muda perlu meneladani Haji Lulung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh Betawi Riano P Ahmad menyatakan generasi muda di DKI Jakarta perlu meneladani sosok almarhum Haji Lulung yang dikenal tegas dan berani untuk memaknai haul satu tahun meninggalnya tokoh yang sempat menjadi wakil rakyat di DPRD DKI dan DPR RI.

"Haji Lulung bisa menjadi contoh bagi generasi muda di Jakarta. Menurut saya, tokoh yang inspiratif, terutama soal sikapnya yang dikenal berani," kata Riano sekaligus Ketua Umum Bamus Betawi itu di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Mantan Anggota DPRD DKI periode 2014-2019 itu memiliki banyak kenangan dan kebaikan Haji Lulung semasa hidup. Bahkan dirinya mengaku digembleng oleh Haji Lulung Lunggana dalam meniti karir politik di Ibu Kota.

Almarhum Haji Lulung, kata dia, berkeinginan memajukan masyarakat Betawi, agar menjadi tuan rumah di kampung sendiri.

"Banyak mimpi beliau yang mungkin belum terlaksana. Tapi, Insya Allah kami bisa bersama-sama lanjutkan mimpi itu menjadi nyata dengan penyatuan organisasi (Bamus) bisa terwujud," katanya.

Adapun penyatuan dua ormas Betawi itu dinamakan Majelis Amanah Masyarakat Betawi dengan Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Marullah Matali ditunjuk sebagai pemimpin dan rencana deklarasi pada 22 Desember 2022 di Balai Kota Jakarta.

Sementara itu, pada peringatan satu tahun meninggalnya tokoh Betawi itu, Riano menambahkan sejumlah kegiatan dilaksanakan di antaranya ziarah di TPU Karet Bivak. Ziarah dihadiri masyarakat Betawi bersama Deputi Gubernur DKI Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Marullah Matali.

Rangkaian haul berikutnya pengajian majelis taklim khusus ibu-ibu di kediaman almarhum, di Jalan EE Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Kamis (15/12) dan puncaknya pada Sabtu (18/12) di Posko Haji Lulung pukul 18.30 WIB di Jalan Fachrudin Nomor 7, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sejumlah ulama dan habaib dijadwalkan hadir pada puncak haul di antaranya Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Soleh bin Muhammad Bagir Alatas, KH Maulana Kamal Yusuf, KH Mahfudz Asirun, KH Nursyofa Thohir, dan KH Munawir Aseli.

Haji Lulung berpulang pada Selasa 14 Desember 2021 akibat sakit jantung di Rumah Sakit (RS) Harapan Kita, Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement