Rabu 14 Dec 2022 07:14 WIB

Disparekraf DKI Luncurkan Program Web Series Promosikan Jakarta

Web series ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisata di suatu lokasi syuting film.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Disparekraf DKI, Andhika Permata.
Foto: Dok pribadi
Kepala Disparekraf DKI, Andhika Permata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai kota megapolitan, Jakarta memiliki macam pesona yang menjadi daya tarik wisata urban dengan berbagai keunikan. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta pun berupaya untuk mempromosikan sektor parekraf yang ada di Ibu Kota melalui beragam kampanye di bawah payung Enjoy Jakarta.

Salah satu program yang diinisiasi oleh Disparekraf adalah pembuatan sebuah web series dengan judul 'Tiba-Tiba ngeGUIDE'. Kepala Disparekraf DKI, Andhika Permata, kegiatan web series berangkat dari fenomena global yang coba diterapkan untuk Jakarta, yaitu film-induced tourism.

Singkatnya, fenomena tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisata di suatu lokasi yang dijadikan sebagai lokasi syuting film. "Seperti halnya yang terjadi pada film Laskar Pelangi, AADC, Filosofi Kopi, dan film-film populer Indonesia lainnya, jumlah kunjungan wisatawan di lokasi tersebut meningkat pascapenayangan film-film tersebut," kata Andhika di Jakarta, Selasa (14/12/2022).

"Hal ini juga merupakan salah satu strategi, dan langkah nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta di era pascapandemi. Harapannya dengan menonton web series ini semakin banyak orang yang tertarik untuk berwisata di Jakarta," kata Andika melanjutkan.

Dalam web series, nantinya penonton diajak untuk menjelajah berbagai sudut kota Jakarta dengan segala cerita, keragaman kultur budaya termasuk kuliner di dalamnya, gedung megah, dan keindahan destinasi wisata. Web series dikemas dalam delapan episode film yang kurang lebih berdurasi 15 menit untuk setiap episode.

Delapan film pendek tersebut akan tayang di RCTI+, yang diharapkan dapat menjangkau audiens lebih luas dan dapat membawa dampak positif. Web series juga akan ditayangkan di Youtube channel Jakarta Tourism mulai 20 Desember 2022, dan setiap episode barunya akan tayang per hari.

Sutradara film Tiba-Tiba ngeGUIDE, Thaleb Wirachman Wahjudi mengatakan, tayangan Tiba-Tiba ngeGUIDE tidak hanya merangkum cerita yang menghibur dengan mengikuti petualangan Ujal sebagai tokoh utama, namun juga merupakan highlight dari landmark Jakarta sebagai kota modern, dan berbudaya plural.

"Di Tiba-Tiba ngeGuide, kita mengikuti Ujal berpetualang keliling kota Jakarta dan melihat sisi yang unik, dan menarik, di mana jarang diketahui orang awam yang bahkan tinggal di Ibu kota Jakarta sekalipun," ujar Thaleb. Penayangan perdana web series diadakan di CGV Grand Indonesia Mall, di Jakarta Pusat, pada Selasa (13/12/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement