Jumat 02 Dec 2022 11:20 WIB

Komisi 1 DPR akan Kunjungi Kediaman Laksamana Yudo Margono

Pelaksanaan fit and proper test Laksamana Yudo Margono sampai pukul 16.00 WIB.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Komisi I DPR, Dave Akbarshah Fikarno Laksono.
Foto: Dok DPR
Anggota Komisi I DPR, Dave Akbarshah Fikarno Laksono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR, Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan, Komisi I DPR akan melakukan verifikasi administrasi terhadap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI pada Jumat (2/12/2022). Yudo menjadi calon tunggal yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Pagi ini kita mulai dengan terima verifikasi berkas, mungkin sekitar jam 10.00 (WIB) akan hadir dari Mabesal ataupun stafnya Pak Yudo, itu akan menyerahkan (berkas) dulu, belum Pak Yudo-nya," kata Dave di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Setelah berkas administrasi dinyatakan sesuai, kata Dave, Yudo dapat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) yang rencananya berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. "Bila sesuai baru kita laksanakan fit and proper test. Jadi memang judul rapat RDPU akan tetapi sifatnya itu fit and proper test Panglima TNI," ujar Dave.

Baca juga : Calon Panglima TNI Jalani Fit and Proper Test di DPR Hari Ini

 

Setelah pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI, politikus Partai Golkar itu menyebutkan, proses pendalaman akan berupa tanya jawab dengan pertanyaan yang akan diajukan dari masing-masing fraksi di Komisi I DPR kepada Yudo. "Bila ingin pendalaman dari masing-masing anggota pasti dipersilahkan," kata Dave.

Dia mengatakan, pada saat pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI kemungkinan akan dilakukan secara terbuka. Sedangkan ketika pendalaman lebih lanjut dilakukan oleh komisinya kemungkinan akan dilakukan secara tertutup. "Karena ada beberapa hal sensitif yang tidak bisa kita buka secara langsung," ucap Dave.

Setelah verifikasi administrasi dan fit and proper test, Dave menyebutkan, perwakilan Komisi I DPR akan langsung melanjutkan ke tahapan verifikasi faktual dengan mengunjungi rumah yang ditempati Yudo. Berdasarkan informasi yang diterimanya, ia pun menyebut Yudo akan datang sendiri untuk mengikuti jalannya fit and proper test. "Ke kediaman beliau. Langsung hari ini juga kita sistem ngebut," katanya.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, Komisi I DPR akan melangsungkan fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jumat. "Sesuai keputusan Bamus (DPR), besok (Jumat) Komisi I DPR melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI," katanya.

Baca juga : Populasi Muslim Inggris Naik 44 Persen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement