Sabtu 26 Nov 2022 00:24 WIB

Jalak Bali Jadi Maskot Pemilu 2024 

Maskot yang dibuat seorang mahasiswi itu merupakan karya terbaik.

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Desain maskot pemenang
Foto: Republika/Febryan. A
Desain maskot pemenang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memilih sebuah desain yang menampilkan Jalak Bali, sebagai maskot Pemilu 2024. Desain maskot yang dibuat oleh seorang mahasiswi itu merupakan karya terbaik dalam lomba Maskot Pemilu 2024. 

Maskot tersebut terdiri atas sepasang Jalak Bali. Maskot laki-laki dinamakan SURA yang merupakan akronim suara rakyat, sedangkan yang perempuan dinamakan SULU alias suara pemilu. 

 

photo
Desain maskot pemenang Lomba Maskot Pemilu 2024 ditampilkan di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (25/11). Desain yang menampilkan Jalak Bali itu akan dijadikan sebagai maskot resmi Pemilu 2024. - (Republika/Febryan. A)

 

Kedua maskot itu menampilkan Jalak Bali dengan wajah tersenyum disertai logo bendera Indonesia di pipi. Maskot itu mengenakan baju berwarna putih dengan logo KPU di tengahnya. Salah satu tangan maskot itu memegang paku pencoblosan, sedangkan tangan satunya lagi memperlihatkan jari kelingking yang berwarna ungu tanda sudah memberikan suara. 

Dewan juri mengatakan, maskot karya mahasiswi bernama Stephanie itu keluar sebagai pemenang setalah mengalahkan 680 karya lainnya. Desain maskot tersebut menang karena mengandung pesan yang sesuai dengan Pemilu 2024. 

Kicauan burung jalak bisa dikaitkan dengan suara pemilih. Mimik muka maskot yang sepeti anak muda, cocok dengan Pemilu 2024 yang akan didominasi pemilih generasi muda. Selain itu, maskot itu juga mudah dimodifikasi, dalam arti bajunya bisa diganti sesuai baju adat di masing-masing provinsi. 

"Keindonesiaan bisa ditampilkan oleh maskot ini," kata salah satu dewan juri, Caroline Sunarko yang merupakan Deputi Program Desain Grafis di Politeknik Multimedia Nusantara, di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (25/11). 

Stephanie mengatakan, dirinya membuat desain maskot Jalak Bali itu selama sepekan. Jalak Bali dipilih karena berwarna putih. 

"Kebanyakan burung yang lainnya coklat gelap atau hitam, saya kira kurang cocok dengan pemilu ini. Kemudian ada Jalak Bali yang warnanya putih, saya kira cocok," ujar mahasiswi semester tiga jurusan DKV di Universitas Pradita, Tangerang, itu. 

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, maskot bernama SURA dan SULU itu akan diresmikan sebagai maskot Pemilu 2024 dalam kegiatan Konsolidasi Nasional KPU untuk Peningkatan Layanan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Ancol Center, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022). 

"Maskot ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengenal, mengingat, dan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang," kata Mellaz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement