Kamis 24 Nov 2022 19:42 WIB

Kawasan Wisata Lembah Anai Sering Banjir dan Ganggu Lalu Lintas

Kawasan Wisata Lembah Anai perlu ditata ulang agar lebih menarik.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Indira Rezkisari
Air Terjun Lembah Anai
Foto: Febrian Fachri/Republika
Air Terjun Lembah Anai

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, mengatakan air terjun Lembah Anai termasuk salah satu destinasi wisata unggulan yang dimiliki Sumatra Barat. Menurut Audy, objek wisata yang masuk ke dalam teritorial Kabupaten Tanah Datar itu memiliki daya tarik wisatawan yang tinggi karena masih alami.

Meski demikian Audy menilai kawasan wisata Lembah Anai sudah harus dibenahi. Karena ketika musim hujan, debit air terjun kerap meluap hingga menghalangi jalan raya yang merupakan Jalan Nasional.

Baca Juga

"Ketika memasuki musim hujan, meningkatnya debit air terjun seringkali menyebabkan tertutupnya akses jalan oleh air yang melimpah. Dan ini membuat kemacetan panjang hingga berjam-jam," kata Audy, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, ketika musim liburan dan setiap akhir pekan, kondisi parkiran di sekitar air terjun Lembah Anai juga sudah tidak lagi memadai. Sehingga banyaknya kendaraan wisatawan yang parkir juga kerap menjadi penyebab kemacetan.

Audy ingin kawasan wisata Air terjun Lembah Anai ditata ulang sehingga pengunjung tetap nyaman untuk datang dan pengguna jalan juga tidak terganggu.

Ia menyebut penataan mulai dari optimalisasi lahan parkir, serta mencegah meluapnya air yang dapat menutup akses jalan. Dengan merekonstruksi ulang titik-titik masalah yang ada di Lembah Anai serta mengoptimalkannya, upaya ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata baik lokal, domestik maupun mancanegara. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar tanpa mengurangi nilai estetik dari Air Terjun Lembah Anai itu sendiri.

“Dari dulu lembah Anai begitu aja, padahal ini salah satu ikon Sumatra Barat. Apalagi ini sangat eye catching. Air terjun dekat dengan jalan utama, jadi perlu sekali lebih dikembangkan Lembah Anai ini,” ujar Audy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement