Kamis 24 Nov 2022 15:54 WIB

Jokowi Pastikan Alat Berat Siap Dimobilisasi ke Cugenang

Alat berat dibutuhkan untuk evakuasi korban tertimbun longsor.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).
Foto: EPA-EFE/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi sejumlah titik terdampak gempa Cianjur, Kamis (24/11/2022). Dalam perjalanan kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, rangkaian kendaraan Presiden Jokowi berhenti di SDN Cugenang yang merupakan lokasi terdampak gempa terparah.

Di tempat itu, Presiden ingin memastikan mobilisasi alat berat untuk melakukan evakuasi korban bencana. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang berada satu mobil dengan Presiden menyampaikan, semula dirinya hanya melaporkan bahwa alat berat telah siap dimobilisasi.

Baca Juga

“Tapi, Bapak Presiden minta kita berhenti di lokasi karena beliau ingin melihat langsung dan memastikan bahwa alat gerak mulai dimobilisasi,” kata Basuki, dikutip dari siaran pers Istana, Kamis (24/11/2022).

Basuki menyampaikan bahwa korban yang diperkirakan tertimbun menjadi perhatian Presiden. “Sejak diinformasikan ada korban yang tertimbun longsor, Bapak Presiden memerintahkan kami agar evakuasi korban di Cugenang ini menjadi prioritas utama,” ucap Basuki.

Pergerakan alat berat tersebut, lanjut dia, tidak dapat bergerak lurus menuju lokasi longsoran sehingga harus berputar untuk menghidari kondisi tanah yang tidak stabil. “Sore hari nanti, alat berat sudah dapat mencapai lokasi longsoran,” kata Basuki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement