Senin 21 Nov 2022 15:08 WIB

PKL Kota Tua Akui Raih Untung Besar

PKL mengakui telah mendapat untung besar usai pindah ke Kantor Pos Kota Tua, Jakbar.

Sejumlah pengunjung menikmati makanan di kios kawasan Gedung Pos Indonesia, Kota Tua, Jakarta, Jumat (18/11/2022). Pemerintah Kota Jakarta Barat menyediakan dua tempat untuk menampung 70 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Kota Tua.
Foto: ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan
Sejumlah pengunjung menikmati makanan di kios kawasan Gedung Pos Indonesia, Kota Tua, Jakarta, Jumat (18/11/2022). Pemerintah Kota Jakarta Barat menyediakan dua tempat untuk menampung 70 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Kota Tua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pedagang kaki lima (PKL) mengakumeraih keuntungan setelah pindah ke gedung Kantor Pos Indonesia di Kota Tua, Jakarta Barat.

"Saya dulu dagang di depan halte Kota Tua Kalau di sini lebih gampang dapat pembeli," kata Ahmad,salah satu pedagang makanan di Kantor Pos Kota Tua, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Dia bisa menjual 120 potong ayam dalamsatu hari pada libur akhir pekan. Per porsinya dibandrol dengan harga Rp 25 ribu. Sedangkan ketika berdagang di halte, keuntungan yang dia dapat tidak seberapa. Belum lagi harus 'kucing kucingan' dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang suka berjaga di lokasi.

Menurut dia, tempat yang ditempati sekarang sangat strategis lantaran dekat dengan inti kawasan Kota Tua. Pengunjung mudah dapat mengakses tempat makan tersebut.

Hal yang sama juga dikatakan Ilham selaku salah satu pedagang minuman di ruko kantor PT Pos Indonesia tersebut. Dia menilai, kondisi jauh lebih ramai ketika hujan datang. Hal tersebut membuat seluruh pengunjung berteduh di dalam gedung dan membeli makanan yang ada di lokasi.

"Wah kalau hujan di sini kaya' lautan orang, banyak yang ngumpul karena berteduh," kata dia.

Namun saat ditanya uang sewa yang dibayar untuk berdagang di lokasi tersebut, Ilham enggan menjelaskan lebih detail. Tidak hanya para pedagang, para pengunjung juga merasa terbantu dengan kios makanan yang ada di dalam gedung PT Pos Indonesia ini.

"Kalau di sini cari makanan jadi gampang. Terus posisi gedung ini juga dekat sama parkiran motor, jadi yang baru datang sama yang mau pulang juga bisa makan dulu di sini," kata Efendi, salah satu pengunjung saat ditemui di dalam kios.

Efendi sedikit mengeluhkan harga makanan yang dinilai agak mahal. Namun dia tidak terlalu keberatan dengan harga makanan tersebut. "Ya maklum sih saya kalau mahal. Tapi kalau bisa harganya lebih murah," kata sambil sedikit bergurau.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memfasilitasi puluhan PKL yang ingin menempati dua gedung di kawasan Kota Tua Tamansari untuk aktivitas berjualan.

Para PKL itu menempati Gedung Kantor Pos Indonesia dan Gedung bekas "Circle K" yang berada tepat di depan Kantor BNI. "Kita fasilitasi mereka dan kita panggil perusahaan untuk membenahi dua gedung tersebut agar bisa digunakan untuk para PKL," kata Camat Tamansari, Agus Sulaiman saat ditemui di Kota Tua, Jumat (4/11).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement