Sabtu 19 Nov 2022 08:40 WIB

Banjir Landa Tiga Kabupaten di Mamuju Sulbar, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa

BPBD masih mengimbau warga Mamuju, Sulbar, untuk terus waspada banjir.

Tim SAR berjalan melewati jalan yang terendam banjir saat akan mengevakuasi warga.
Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Tim SAR berjalan melewati jalan yang terendam banjir saat akan mengevakuasi warga.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) melaporkan tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir yang melanda tiga kabupaten di provinsi itu. "Tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir yang melanda tiga kabupaten di Sulbar, yakni Kabupaten Mamuju, Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar," kata Kepala BPBD Sulbar, Amri Eka Sakti di Mamuju, Jumat (18/11/2022).

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar terus melakukan pemantauan serta perkembangan kondisi kejadian bencana berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten di Sulbar. "BPBD Sulbar telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Mamuj, BPBD Kabupaten Majene dan BPBD Kabupaten Polewali Mandar, terkait kondisi bencana banjir, dan upaya penanganannya," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar telah menurunkan tim reaksi cepat (TRC) ke Kabupaten Mamuju dan Majene untuk melakukan pemantauan dan evakuasi dengan perlengkapan satu unit perahu karet. Menurut dia, BPBD Sulbar juga telah mempersiapkan tenda pengungsi setelah kejadian bencana banjir dan longsor akibat hujan deras di wilayah Kabupaten Mamuju sejak Jumat pukul 04.00 Wita.

"Pemulihan pascabencana secara terpadu di setiap kabupaten dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulbar telah diminta untuk melakukan kooordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Sulbar untuk menangani jalan poros trans Sulawesi di Majene yang tertutup longsor," katanya.

Ia meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, khususnya terhadap potensi banjir, akibat cuaca ekstremyang melanda wilayah Sulbar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement