Selasa 15 Nov 2022 06:08 WIB

Ketua DPRD Apresiasi TMMD Berhasil Bangun Jalan 1,7 Km

Jalan di Kampung Cijantur, Rumpin kini terhubung dengan Kampung Cilangkap, Cigudeg.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama pimpinan TNI AD meninjau pembangunan jalan hasil program TMMD ke-115.
Foto: Dok Pemkab Bogor
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama pimpinan TNI AD meninjau pembangunan jalan hasil program TMMD ke-115.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto optimistis pembukaan jalan sepanjang 1,7 kilometer hasil kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115 akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Jalan itu menghubungkan Kampung Cijantur, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin dan Kampung Cilangkap, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg.

"Ekonomi pasti meningkat, sebab warga sebagian yang tinggal di sana juga petani. Adanya akses tersebut bisa mempersingkat waktu tempuh," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (14/11/2022).

Dia menganggap, pembukaan jalan sepanjang 1,7 kilometer dengan lebar 10 meter itu berhasil menghubungkan dua desa. Rudy berharap, jalan yang digarap selama satu bulan, yakni 11 Oktober[9 November 2022 itu, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat karena aksesibilitas mereka menjadi lebih mudah.

"Kami apresiasi aksi dari TNI Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Korem Suryakancana, bersama Pemkab Bogor yang telah membuka akses jalan. Akses jalan ini mempersingkat waktu. Biasanya masyarakat dari Cilangkap, Kecamatan Cigudeg memutar arah menuju Rumpin. Tapi adanya akses ini mempersingkat waktu," kata Rudy.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh para anggota TNI yang berkolaborasi dengan masyarakat. "Program TMMD ini merupakan pembangunan jalan yang menyambungkan jalur dua kecamatan yang sebelumnya terputus dan terisolasi," kata Iwan.

Dia berharap, jalur penghubung tersebut akan menjadi sentra ekonomi baru bagi masyarakat sekitar, karena wilayah satu dengan lainnya sudah saling terkoneksi. "Kami minta kepada para kades dan camat untuk memelihara ini. Kami ada dana Samisade tiap tahun, kita luncurkan ini, bisa dijadikan untuk pemeliharaan dan peningkatan jalan dengan dana Samisade (Satu Miliar Satu Desa)," ujarnya.

Iwan juga mendorong agar jalur hasil TMMD ke-115 bisa dinaikkan statusnya menjadi jalan kabupaten. Sehingga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ke depannya bisa melakukan intervensi dalam menganggarkan pemeliharaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement