Kamis 10 Nov 2022 21:13 WIB

Sahabat Ungkap Cita-Cita tak Biasa Erick Thohir Saat Kecil

Sahabat ungkap Erick Thohir sejak kecil telah berencana menjadi pengusaha

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peluncuran biografi (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir karya Abdullah Sammy di Indonesia International Book Fair, Kamis (10/11).
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Peluncuran biografi (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir karya Abdullah Sammy di Indonesia International Book Fair, Kamis (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap anak pasti memiliki cita-cita yang ingin mereka raih ketika beranjak dewasa, tak terkecuali Erick Thohir ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Uniknya, cita-cita yang dimiliki Erick mungkin tak pernah terpikirkan oleh anak sepantarannya kala itu.

"Kalau ditanya 'Cita-cita kamu apa sih?' Anak SD mungkin menjawab dokter atau pilot," ujar sahabat Erick sejak kecil, Rama Mugiharto, di Indonesia International Book Fair 2022, Kamis (10/11).

Akan tetapi, Rama mengatakan Erick yang masih duduk di bangku SD memiliki jawaban yang berbeda ketika ditanya mengenai cita-cita. Cita-cita yang didambakan oleh Erick ketika duduk di bangku sekolah dasar adalah ingin menjadi anggota HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). "Itu (perkataan) yang nggak akan saya lupa," jelas Rama.

Rama mengatakan jawaban tersebut menunjukkan bahwa Erick telah memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi sejak kecil. Hingga saat ini pun, karakteristik tersebut masih melekat erat pada diri Erick.

 

Hal ini pula yang diungkapkan oleh ekonom Drajad Wibowo. Menurut Drajad, pria yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut merupakan sosok pengusaha dan pemimpin yang selalu membuktikan kinerjanya dengan aksi nyata.

"Pak Erick ini tipe businessman dan pemimpin yang doer, man of action," lanjut Drajad.

Ketika ditanya mengenai sebagai apa dirinya ingin diingat dalam 20-30 tahun ke depan, Erick mengatakan dia selalu bangga menjadi seorang entrepreneur. Bagi Erick, kehadiran sosok entrepreneur di suatu negara turut berperan besar dalam kemajuan negara tersebur.

Erick mengatakan negara yang maju umumnya memiliki banyak perusahaan. Di Singapura misalnya, jumlah perusahaan yang ada di negara tersebut mencapai 9 persen dari total penduduk. "Kita masih 3 persen," tambah Erick.

Keberhasilan Erick sebagai pengusaha merupakan satu dari banyak sisi kehidupan Erick yang menarik untuk disimak dan menginspirasi. Kini, para pembaca bisa mengintip beragam sisi kehidupan Erick melalui buku biografi (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir karya jurnalis Abdullah Sammy.

"Menulis buku tentang Erick Thohir ini pekerjaan yang sangat menarik sekaligus menantang, karena posisi yang ditempati luar biasa luas. Dari entrepreneur, pemimpin media, profesional, hingga pemimpin kegiatan penting di Republik ini seperti Asian Games," jelas Sammy. 

Sammy mengatakan mustahil untuk bisa menuliskan seluruh kehidupan Erick dalam satu buku. Oleh karena itu, (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir akan menjadi pembuka dari serangkaian buku lain mengenai sosok Erick.

"Buku ini sebagai pembuka dari buku-buku lain yang (akan) menyusul," ujar Sammy dalam peluncuran biografi (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir yang diterbitkan oleh Kompas Penerbit Buku.

Sammy mengatakan teknis penulisan buku ini disesuaikan dengan gaya Erick yang to the point, sederhana, dan mudah dipahami. Buku ini juga disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan egaliter, sehingga mudah didekati oleh semua kalangan.

Buku (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir kini bisa dipesan secara preorder melalui market place. Pembaca juga bisa memesan buku ini dengan mengirimkan pesan elektronik kepada [email protected].

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement