Selasa 08 Nov 2022 19:05 WIB

Ridwan Kamil Berharap ASN Tetap Layani Publik Pasca Kebakaran Bapelitbang

ASN di lingkungan Pemkot Bandung tetap melayani publik dan melaksanakan kegiatan

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi kebakaran Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Pemda Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Selasa (8/11/2022).
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi kebakaran Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Pemda Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Selasa (8/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi kebakaran Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Pemda Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Selasa (8/11/2022). 

Ridwan Kamil  mengingatkan agar ASN di lingkungan Pemkot Bandung tetap melayani publik dan melaksanakan kegiatan pembangunan. "Pertama, pelayanan publik dan kegiatan pembangunan jangan sampai terhenti, pasti bisa," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil."Kalau masih bisa WFH maksimalkan dulu WFH," imbuhnya. 

Baca Juga

Emil mengatakan, kejadian ini juga momentum bagi Pemkot Bandung untuk berbenah mengantisipasi tragedi kebakaran seperti ini tidak terulang kembali.  "Ini juga momentum untuk Pemda Kota Bandung mengecek alat-alat emergency dan safetynya, serta mengaudit setiap tahun untuk jaga-jaga," katanya. 

Emil mengimbau Pemkot Bandung agar dapat memanfaatkan sejumlah aset yang bisa dijadikan tempat sementara agar Bappelitbang tetap dapat melayani publik.   "Yang kedua bisa digunakan aset Pemkot jika ada. Kalau tidak ada, aset Pemprov di Kota Bandung, saya kira ada beberapa yang bisa dimanfaatkan. Silakan saja yang penting kegiatan pelayanan publik tidak terganggu," paparnya. 

 

Emil pun mendoakan Wali Kota, Sekda, dan ASN di lingkungan Pemda Kota Bandung untuk selalu semangat, tabah menghadapi ujian, serta menjadikan hikmah dari kebakaran ini.  "Doa saya untuk Pak Wali Kota, Sekda, dan seluruh ASN tetap bersemangat, tabah menghadapi ujian ini untuk diambil hikmahnya," kata Emil. 

Emil mengingatkan pula kepada masyarakat agar lebih waspada saat terjadi kebakaran karena banyak kasus dari peristiwa kebakaran, warga terluka, bahkan sampai meninggal dunia.   "Biasakan masyarakat Indonesia kalau ada kebakaran supaya menjauh, bukan jadi tontonan, bukan naik ke atap direkam karena itu membahayakan. Jangan jadi korban dari menonton kebakaran," katanya. 

Emil pun mengapresiasi kinerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung yang mampu memandamkan api dengan cepat. "Alhamdulillah sangat profesional, satu setengah jam api sudah padam menandakan kinerja Diskar PB Kota Bandung sangat luar biasa," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement