Kamis 03 Nov 2022 10:50 WIB

Imigrasi Denpasar Periksa Dokumen Wisatawan Asing di Pelabuhan Benoa

Sebanyak 1.730 penumpang Kapal Queen Elizabeth dan 353 Viking Orion tiba di Bali.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Seorang petugas memeriksa dokumen keimigrasian kepada calon penumpang kapal penyeberangan dari Dumai ke Singapura (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid
Seorang petugas memeriksa dokumen keimigrasian kepada calon penumpang kapal penyeberangan dari Dumai ke Singapura (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memeriksa dokumen keimigrasian wisatawan asing yang tiba di Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Mereka adalah wisatawan yang datang dengan naik kapal pesiar mewah.

"Hari ini ada dua kapal pesiar yang tiba di Pelabuhan Benoa, yakni Viking Orion dan Queen Elizabeth dari Norwegia dan Australia," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Tedy Riyandi di Bali, Kamis (3/11/2022).

Dari dua kapal pesiar yang tiba di Pelabuhan Benoa, kata Tedy, petugas memeriksa 2.083 dokumen wisatawan dengan menerapkan kebijakan immigration on shipping. Adapun periinciannya, sebanyak 1.730 dari penumpang Kapal Queen Elizabeth dan 353 dari kapal Viking Orion.

Untuk memeriksa kelengkapan dokumen keimigrasian para wisatawan, lanjut dia, petugas imigrasi menggunakan tiga unit mobile atau alat pemeriksaan portabel. Tedy menjelaskan, immigration on shipping adalah pemeriksaan keimigrasian oleh petugas langsung di atas kapal selama berlayar menuju Indonesia dari lokasi keberangkatan sebelumnya.

Sejak Oktober sampai awal November 2022, Imigrasi Denpasar Bali telah memeriksa kelengkapan dokumen keimigrasian wisatawan dari empat kapal yang tiba di Pelabuhan Benoa. Secara keseluruhan hingga akhir 2022 dijadwalkan 18 kapal pesiar akan bersandar di pelabuhan itu. "Jadi, yang bersandar sudah empat kapal dan 14 kapal pesiar lagi akan bersandar hingga akhir tahun," ujar Tedy.

Menurut Tedy, kebijakan pemeriksaan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor wisatawan di atas kapal, sangat efisien dan efektif. Selain mengurangi antrean di pos pemeriksaan pelabuhan, hal itu juga bisa meminimalisasi kemungkinan penyebaran Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement