Selasa 01 Nov 2022 15:31 WIB

Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A Capai 87,52 Persen

Tol Cimanggis-Cibitung memiliki total panjang 26,47 km terdiri dari dua seksi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Foto udara sejumlah kendaraan terjebak saat adanya aksi pemblokiran jalan oleh warga di Tol Cimanggis-Cibitung, Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Foto udara sejumlah kendaraan terjebak saat adanya aksi pemblokiran jalan oleh warga di Tol Cimanggis-Cibitung, Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan progres pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A ruas Jatikarya-Simpang Susun (SS) Cikeas sudah mencapai 87,52 persen. Tol Cimanggis-Cibitung memiliki total panjang 26,47 kilometer (km) terdiri dari dua seksi.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, tol tersebut nantinya dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways. Dari total panjang 26,47 km, Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020.

"Kemudian untuk Seksi 2A ruas Jatikarya-SS Cikeas 3,50 km progres konstruksinya mencapai 87,52 persen, serta ditargetkan akan selesai dalam waktu dekat," kata Danang dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Sedangkan untuk Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19,80 km progres konstruksinya mencapai 69,24 persen, dan diharapkan dapat selesai pada akhir 2023. Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II terkoneksi antarruas tol di kawasan metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional.

Jalan tol itu terkoneksi langsung ke Tol Cibitung-Cilincing yang saat ini telah beroperasi hingga Seksi 3, kemudian menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Tol Jagorawi, dan terkoneksi ke lima ruas lainnya tergabung dalam Tol JORR 2. Kehadiran Tol Cimanggis-Cibitung juga menambah kapasitas jalan yang melintasi wilayah Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Selain itu juga memangkas waktu tempuh berkendara yang semakin lebih cepat. Jika sebelumnya dari akses Jalan Transyogi atau Alternatif Cibubur lewat Tol Jagorawi dan sebaliknya dapat memakan waktu lebih dari 30 menit. Dengan teknoneksinya jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I hanya membutuhkan waktu tempuh yang lebih cepat sekitar lima sampai 0 menit perjalanan saja.

Sebagai informasi, jaringan Tol JORR II terdiri dari Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Tol Kunciran-Serpong (11,4 km), Tol Serpong-Cinere (10,1 km), Tol Cinere-Jagorawi (14,6 km), Tol Cimanggis-Cibitung (26,47 km), dan Tol Cibitung-Cilincing (34 km).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement