Selasa 01 Nov 2022 15:14 WIB

Garuda Indonesia Buka Rute Lagi Penerbangan Langsung Tokyo-Denpasar

KBRI Tokyo dukung penerbangan Garuda dari Bandara Narita menuju I Gusti Ngurah Rai.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pesawat Garuda Indonesia setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Sabtu (22/5/2021).
Foto: Antara/Ampelsa
Pesawat Garuda Indonesia setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Sabtu (22/5/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Maskapai Garuda Indonesia mengoperasikan kembali rute penerbangan langsung Tokyo-Denpasar Provinsi Bali, melalui Bandara Narita, Tokyo, Jepang, Selasa (1/11/2022). Garuda menggunakan pesawat berbadan besar (wide body) A330 dengan nomor penerbangan GA 300 yang lepas landas di Bandara Narita, Tokyo, pukul 11.00 waktu setempat.

Pesawat dijadwalkan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Selasa pukul 18.05 WITA. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, mengatakan, pengoperasian lagi rute itu bertujuan mengoptimalkan kembali akses masuk dari dan menuju Jepang.

"Pengoperasian kembali penerbangan ini adalah upaya kami mengoptimalkan dibukanya kembali akses masuk dari dan menuju Jepang," katanya dalam peresmian penerbangan tersebut di Tokyo, Selasa.

Selain itu, lanjut dia, penerbangan tersebut juga dimaksudkan guna memaksimalkan peluang pasar kargo di wilayah Indonesia bagian Timur. "Dibukanya kembali penerbangan Narita-Denpasar ini ke depannya juga akan dikembangkan untuk optimalisasi peluang pasar kargo khususnya bagi aktivitas ekspor komoditas unggulan di wilayah Indonesia Timur dan sekitarnya," kata Irfan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi memastikan dukungan penuh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dalam layanan penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Tokyo, Jepang menuju Denpasar, Bali, yang diharapkan akan meningkatkan wisatawan mancanegara di Pulau Dewata.

"Apresiasi saya berikan kepada maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang melanjutkan layanan penerbangan Narita, Tokyo Jepang menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Denpasar Bali," katanya. Heri menambahkan, di tengah upaya pemerintah melakukan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi, KBRI Tokyo turut mempromosikan Indonesia bidang pariwisata, khususnya ke Bali.

Menurut dia, layanan penerbangan langsung Tokyo-Denpasar itu akan semakin memudahkan wisatawan mancanegara utamanya dari Jepang yang ingin berlibur ke Bali. "Melalui program Indonesia Friendship Day yang merupakan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi, KBRI Tokyo dan akan berlanjut pada program Japan Friendship Festival (IJFF) di 2023 nanti," kata Heri.

Pesawat GA 300 tersebut memiliki kapasitas 251 penumpang dengan konfigurasi 36 kursi kelas bisnis dan 215 kursi kelas ekonomi. Terdapat 150 penumpang dalam penerbangan tersebut termasuk peserta famtrip Garuda dan sejumlah pelaku usaha serta wisatawan Jepang yang ingin berbisnis atau berlibur ke Bali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement