Kamis 27 Oct 2022 15:17 WIB

Gubernur Kalsel Paman Birin Buka Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) 2022

Kalsel mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah Pra-Popnas Zona III 2022

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor membuka secara langsung Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Tahun 2022.
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor membuka secara langsung Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN – Ditandai dengan pekikan Salam Olahraga, Jaya dan Bergerak, Yes, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor membuka secara langsung Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Tahun 2022. Pembukaan berlangsung di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin pada Rabu (26/10/2022) malam.

Pada pembukaan Pra Popnas 2022 itu, tampak hadir Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora RI, Ketua DPRD Kalsel, bupati/wali kota se-Kalsel atau yang mewakili, Pimpinan Forkopimda Kalsel, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Hermasyah, serta undangan dari tujuh provinsi peserta Pra Popnas. Selain pekikan semangat, pembukaan juga ditandai dengan penekanan tombol layar sebagai tanda dimulainya Pra Popnas 2022 di Kalimantan Selatan.

Baca Juga

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembinaan usia dini dan kalangan pelajar. “Saat ini, di belahan dunia berlomba melakukan pembinaan olahraga dengan teknolgi ilmu pengetahuan dalam mencapai prestasi,” kata Paman Birin.

Pencapaian prestasi olahraga, katanya, akan mengangkat kehormatan daerah maupun negara. “Sudah semestinya pembinaan harua dilakukan secara berjenjang dengan kerja keras dan disiplin,” jelasnya.

photo
Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor membuka secara langsung Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Tahun 2022. - (Pemprov Kalsel)
 

Perhelatan Pra Popnas Zona III Tahun 2022 ini diikuti tujuh provinsi. Ketujuh provinsi itu yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, DI Yogyakarta, Bali, Jawa Tengah, dan Banten. Ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu basket, voli, bulutangkis, pencak silat, tenis, sepak bola, sepak takraw, dan tinju.

Ketua Bapopsi Provinsi Kalsel Muhammad Fitri Hernadi atas nama panitia pelaksana melaporkan, Pra Popnas yang diselenggarakan saat ini merupakan kualifikasi untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang dilaksanakan dua tahun sekali. Event ini pertama dihelat pada 1989 dengan nama pekan olahraga pelajar wilayah (Popwil), dengan peserta sebanyak 34 provinsi yang dibagi ke dalam lima zona.

Tahun 2022 ini, berdasarkan keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga RI tentang penetapan tuan rumah penyelenggara pra-pekan olahraga pelajar nasional tahun 2022, Provinsi Kalsel mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah Pra-Popnas Zona III 2022. 

Tema yang diusung kali ini adalah Semangat Pra-Popnas untuk Kemajuan Olahraga Indonesia. Pra-Popnas Zona III di Provinsi Kalsel tahun ini menjadi ajang babak kualifikasi delapan cabang olahraga untuk mengikuti Popnas XVI tahun 2023 di Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung. 

Kedelapan cabang olahraga tersebut adalah basket dipertandingkan di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, voli indoor di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru, bulutangkis di GOR Berkat Abadi banjarbaru, pencak silat di gedung Chandra Banjarmasin, sepak bola di Stadion 17 Mei Banjarmasin, sepak takraw di SKB Mulawarman, tenis lapangan di lapangan tenis Dharma Praja, dan tinju di gedung Sultan Suriansyah.

“Pra-Popnas Zona III memperebutkan 47 medali emas, 47 medali perak, serta 47 medali perunggu,” sebut Fitri.

Peserta yang terlibat adalah sebanyak 1.800 orang dengan rincian Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah yang terdiri dari cdm/pimpinan kontingen, ofisial, atlet, dan pelatih dengan total sebanyak 173 orang.

Provinsi Kalimantan Tengah dengan total 169 orang, Kalimantan Utara 72 orang, Banten mengutus 175 orang, DI Yogyakarta 168 orang, Jawa Tengah 173 orang, Bali 151 orang, dan terakhir lain-lain meliputi panitia pelaksana, wasit, juri, tenaga keolahragaan, tenaga transportasi, tenaga keamanan, liaison officer, tenaga akomodasi, dan seluruh dukungan dari berbagai stakeholder.

Pada pembukaan Pra Popnas 2022 itu juga dilakukan defile kontingen dari tujuh provinsi. Di akhir acara, peserta dan tamu undangan disuguhi hiburan musik band D’Masiv.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement