Rabu 26 Oct 2022 15:55 WIB

Jangan Gusur Penghuni Mess Papua Cendrawasih di Tanah Abang Semena-Mena

Mess Cenderawasih Papua di Jakarta Memiliki Nilai Historis

Rep: rilis/ Red: Muhammad Subarkah
Mess Cendrawasih di Tanah Abang, Jakarta Pusat. (ilustrasi).
Foto:

Pemerintah Provinsi Papua mesti membuka ruang dialog

Melihat kenyataan itu, ungkap Maniagasi, alngkah eloknya jika Pemerintah Provinsi Papua yang hendak menjual asset mess Cenderawasih itu membuka ruang – ruang dialog dengan penghuni mess dan sekaligus memberikan win – win solusi bagi penghuninya yang nota bene adalah masyarakat Papua sendiri. Apalagi, para penghuni mess telah mendiammnya selama turun temurun, yakni sudah mencapai tiga generasi.

''Maka bila akan digusur, lakukanlah dengan penuh kedamaian. Berikan penghuni jaminan tempat tinggal yang layak dan memadai. Calon investor misalnya dapat membangun rumah susun atau perumahan yang layak huni,'' katanya.

Selain itu, lanjut Frans, tunjukan sikap bahwa Pemda Provinsi Papua mampu menyelesaikan permasalahan rumah tangganya sendiri dengan masyarakatnya tanpa menggunakan cara – cara ancaman dan kekerasan. Apalagi kasus ini berada di pusat ibu kota negara Jakarta. Perlu diingat juga bahwa mess Cenderawasih dan mess Papua lainnya di ibu kora adalah asset negara.

"Saya hanya mengingatkan jangan karena kepentingan pragmatisme, komersialisasi dan ingin menambah dana dikas daerah, Pemda Provinsi Papua mengorbankan rakyatnya ( penghuni mess) sendiri," tandas Frans Maniagasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement