Rabu 26 Oct 2022 15:33 WIB

Survei Populi Center: Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo, Paling Diharapkan Jadi Capres

Angka elektabilitas Ganjar, Anies, dan Prabowo tidak berbeda jauh rentangnya.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling diharapkan menjadi capres pada 2024 berdasarkan survei terbaru Populi Center. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling diharapkan menjadi capres pada 2024 berdasarkan survei terbaru Populi Center. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei nasional Populi Center terhadap tokoh yang paling banyak diharapkan masyarakat menjadi calon presiden (capres) 2024 menempatkan nama Ganjar Pranowo di urutan pertama. Gubernur Jawa Tengah ini memperoleh persentase tertinggi 27,5 persen mengungguli Anies Baswedan dengan 26,3 persen dan Prabowo Subianto di angka 23,5 persen.

"Untuk pertanyaan siapa tokoh yang diharapkan untuk menjadi presiden, dari beberapa nama itu kita melihat bahwa tiga nama yang moncer selalu baik di Maret, di Juli atau Oktober ada nama Ganjar Pranowo, ada Prabowo dan Pak Anies," ujar peneliti senior Populi Center, Usep S. Ahyar dalam rilis Survei Nasional bertajuk "Evaluasi Tiga Tahun Kinerja Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin dan Dinamika Politik Menjelang Pemilu Tahun 2024" secara virtual, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga

Usep mengatakan, dari masing-masing nama itu menempati posisi yang saling bertukar. Ini karena angka elektabilitas tiga calon itu tidak berbeda jauh rentangnya. Tingkat elektabilitas ketiga capres ini yakni Ganjar Pranowo unggul dengan 29,7 persen, disusul Anies Baswedan 29,2 persen, dan Prabowo Subianto 27,6 persen.

"Satu sama lain mungkin akan bisa saling mengalahkan satu sama lain tergantung strateginya, termasuk dalam memilih wakilnya yang akan menjadi pembeda di antara ketiganya," ujarnya.

Usep mengatakan, munculnya selalu ketiga nama ini juga relevan dengan penilaian kinerja tiga tokoh di jabatannya masing-masing. Yakni Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah mendapat angka 69,1 persen, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan 76,1 persen paling tinggi dan dan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta mendapat 70,9 persen.

"Ini juga saya kira relevan atau konsisten dengan penilaian masyarakat terhadap kinerja tiga tokoh  di masing-masing jabatan. Diantara tiga tokoh itu kinerjanya dinilai baik oleh masyarakat," ujar Usep.

Sedangkan nama lain yang disebut juga diharapkan menjadi capres antara lain Jenderal Andika Perkasa 5,3 persen, Puan Maharani 2,8 persen, dan Airlangga Hartarto 1,3 persen. Untuk tingkat elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) dengan pertanyaan semi terbuka ada nama Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi dengan 17,1 persen, kemudian disusul oleh Sandiaga Salahuddin Uno 15,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 12,3 persen, Jenderal Andika Perkasa 8,3 persen, Erick Thohir 7,8 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 7,3 persen.

Survei dilakukan pada periode 9 hingga 17 Oktober 2022 dengan 1.200 responden menggunakan metode random sampling. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error 2,83 persen.

 

photo
Serangan Elite PDIP kepada Ganjar Pranowo - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement