Rabu 26 Oct 2022 12:21 WIB

Anies: Selalu Menyenangkan Berdiskusi dengan AHY

Nasdem, Demokrat, dan PKS sepakat untuk berkoalisi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di sela pertemuan tim kecil Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat di kediaman Anies, Jakarta, Selasa (25/10).
Foto: Instagram Agus Harimurti Yudhoyono
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di sela pertemuan tim kecil Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat di kediaman Anies, Jakarta, Selasa (25/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem, Anies Rasyid Baswedan berterima kasih kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  yang berkunjung ke kediamannya. Dalam pertemuan tersebut, Anies mengaku saling mencocokkan catatan dengan AHY.

"Selalu menyenangkan dan mencerahkan kalau berdiskusi, tukar pikiran dengan Mas AHY. Membahas dari soal sejarah hingga soal tantangan Indonesia ke depan," ujar Anies dalam keterangannya yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Selasa (25/10).

Baca Juga

"Alhamdulilah, ketika gagasan tentang bernegara ditopang tinggikan maka begitu banyak titik temu dalam diskusi," sambungnya.

AHY sendiri mengatakan, kunjungannya ke banyak wilayah di Indonesia menjadi salah satu bahan diskusi dengan Anies. Tujuan diskusi adalah saling menyamakan catatan untuk mencari solusi persoalan bangsa.

"Utamanya titik temu dalam nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar yang kami anut, people first, utamakan rakyat. Caranya mungkin bisa berbeda, tapi sejatinya misinya sama. Justru ini akan saling melengkapi dan mengisi satu sama lain," ujar AHY.

Diketahui, tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS menggelar pertemuan kembali di kediaman Anies Rasyid Baswedan pada Selasa (25/10). Salah satu keputusannya adalah ketiga partai politik tersebut sepakat untuk berkoalisi.

"Ya," jawab singkat Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya ketika ditanya apakah ketiga partai politik sudah sepakat untuk berkoalisi, Selasa (25/10).

Kendati sudah sepakat untuk berkoalisi, pembahasan terkait calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies disebutnya masih alot. Apalagi Partai Demokrat mengusulkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sedangkan PKS menawarkan Ahmad Heryawan.

"Tinggal kemudian kita akan membahas mendalami timing momentumnya. Tadi sepakatnya itu, cawapres bisa menyusul setelah deklarasi (koalisi)," ujar Willy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement