Selasa 25 Oct 2022 12:42 WIB

Sagara Technology Dukung Yatim Piatu Jadi Talenta Digital Handal

Sagara Technology ingin membantu melahirkan talenta digital.

Safira Amalia Nuranisa selaku Foundation Manager
Foto: istimewa
Safira Amalia Nuranisa selaku Foundation Manager

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Menurut data Kementerian Sosial (2/6), saat ini anak yatim-piatu di Indonesia berjumlah 4.023.622, dan bertambah sebanyak 32.216 akibat kehilangan orang tuanya karena pandemi Covid-19.

Meningkatnya jumlah anak yatim-piatu akibat Covid-19 juga menimbulkan kecemasan terhadap masa depannya. Banyak dari mereka yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan dan harus mengubur impiannya untuk berkarir, khususnya di bidang teknologi dan kewirausahaan. Selain itu, beasiswa yang mendukung anak yatim-piatu di Indonesia masih terbatas. Sehingga mereka masih kesulitan untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Baca Juga

Berdasarkan hasil survei Sepuluh Provinsi dengan Peringkat Tertinggi Anak Yatim Piatu Korban Pandemi Covid-19, per 17 Agustus 2021 yang dilakukan oleh divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas, provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta menempati posisi tiga dan empat teratas. 

Berangkat dari hal tersebut, Sagara Technology ingin membantu melahirkan talenta digital dengan membangun Yayasan Sagara Teknologi Peduli dan mengadakan program CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu Yatim Piatu Teknologi. Program yang digagas oleh Chairman Sagara Technology, Adi Arriansyah ini ditujukan untuk anak yatim-piatu dan/atau dari keluarga yang kurang mampu untuk menempuh pendidikan. 

Safira Amalia Nuranisa selaku Foundation Manager berharap dapat memberikan banyak manfaat dan dampak sosial kepada masyarakat luas, khususnya dengan adanya program ini. "Kami dapat mewujudkan mimpi anak-anak yatim yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk menjadi talenta digital yang hebat” ucap Safira.

Dengan motto Pursue Your Dream dan tagline #SagaraUntukNusantara, Sagara Technology berharap dengan didirikannya yayasan ini, dapat melahirkan talenta digital di bidang teknologi dan wirausaha yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia. 

Solusi dari Program

Sagara Technology menyediakan solusi dengan memberikan beasiswa dan fasilitas berupa pembelajaran gratis, untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan di bidang teknologi serta wirausaha. Hal ini bertujuan agar anak yatim-piatu dan/atau dari keluarga kurang mampu dapat memiliki kesempatan menimba ilmu tanpa harus mengkhawatirkan biaya pendidikan. 

Afan Ramdani selaku Direktur Utama Sagara Technology yakin bahwa anak-anak ini pasti ingin mendapatkan pendidikan dan ruang yang dapat mendukung potensi mereka. 'Mereka sejatinya dapat memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain di luar sana dan menjadi talenta digital terbaik di masa yang akan datang.” Ucap Afan Ramdani.

Edukasi Generasi Unggul Teknologi merupakan kegiatan utama dari Yayasan Teknologi Peduli. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu di bidang teknologi yang sangat dibutuhkan di era ini. Selain itu, peserta yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan fasilitas berupa uang saku, dana operasional dan inventaris berupa laptop. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang paham akan teknologi, serta mendapatkan kesempatan untuk kerja di bidang yang dipelajari dan dikuasai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement