Jumat 21 Oct 2022 18:00 WIB

Pemkot Jaksel Ajak Warga Tanam Pohon di Poncol

Penanaman pohon ini bertujuan agar wilayah tersebut menjadi lebih hijau.

Menanam pohon (ilustrasi)
Foto: Adaro
Menanam pohon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengajak warga menanam pohon di sepanjang Jalan Poncol Raya, Kuningan Barat. Tujuannya agar kawasan RT 14/RW 05 itu dihijaukan kembali.

"Total ada 10 tanaman produktif yang ditanam. Di antaranya pohon jambu kristal, pohon jeruk, dan lain-lain," kata Camat Mampang Prapatan Ujang Harmawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/10/2022). 

Baca Juga

Ujang menuturkan adanya penanaman pohon ini tak hanya untuk melestarikan lingkungan. Namun juga mereduksi emisi karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga sumber daya alam dan lingkungan hidup. Terlebih, buah-buahan yang dihasilkan dari pohon tersebut tumbuh dengan baik sehingga bisa dikonsumsi bagi masyarakat itu sendiri.

Ke depannya, Ujang akan melakukan penghijauan melalui penanaman pohon ini di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Mampang Prapatan. "Mudah-mudahan pohon tersebut dapat bermanfaat dan dinikmati oleh warga masyarakat," tuturnya.

Berdasarkan data dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, sebanyak 19.262 pohon dipangkas di 10 kecamatan Jakarta Selatan per September 2022. Pemangkasan pohon tersebut terdiri atas tiga kategori. Yakni kategori ringan (perapihan) sebanyak 3.963 pohon, kategori sedang (banyak cabang yang dipotong) 11.872 pohon, dan kategori berat (memotong ketinggian dan cabang yang dikhawatirkan tumbang) 3.427 pohon.

Tujuan pemangkasan ini sebagai antisipasi pohon tumbang saat curah hujan tinggi. Dengan demikian, diharapkan tidak mengganggu pengguna jalan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement