Jumat 21 Oct 2022 17:40 WIB

RS Dr Moewardi Solo Siap Terima Pasien Gagal Ginjal Akut

RSUD Dr Moewardi menerima pasien dengan kondisi yang mengarah pada gagal ginjal akut.

Warga melintas di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warga melintas di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi Solo, Jawa Tengah, menyatakan siap menerima pasien dengan kasus gagal ginjal akut. Baik dari sisi obat-obatan maupun fasilitas perawatan.

"Untuk langkah antisipasi kami sudah siap. Tugas kami kan merawat, jadi harus siap," kata Direktur RSUD Dr Moewardi, Dr Cahyono Hadi, di Solo, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga

Mengenai fasilitas perawatan seperti ruang ICU, dikatakannya, sudah disiapkan untuk perawatan pasien kasus tersebut. Selain itu, dari sisi obat-obatan juga sudah disiapkan.

"Obat-obatan reguler saja. Kalau sudah kena kan bukan karena sesuatu tetapi karena obatnya itu (sirop yang ditarik dari peredaran karena mengandung etilen glikol)," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya menganjurkan agar penggunaan obat bisa menggunakan puyer atau tablet yang digerus. "Kalau parasetamol tablet dibikin puyer kan bisa. Kalau panas kami sepakat semua dibuat dengan puyer," katanya.

Sementara itu, terkait kasus tersebut ia mengimbau para orang tua mewaspadai kondisi anak agar bisa tertangani sedini mungkin. "Kalau tidak bisa kencing langsung bawa ke rumah sakit, kami ada mekanisme dan SOP untuk menerima pasien seperti itu. Biasanya kalau kencingnya berkurang kan tahu, itu harus cepat-cepat dirujuk," katanya.

Sebelumnya, RSUD Dr Moewardi menerima pasien dengan kondisi yang mengarah pada gagal ginjal akut. "Itu kasus dari Ngawi kemudian dibawa ke RSUD Moewardi. Selanjutnya dirujuk ke RS Sardjito, Yogyakarta, di sana pasien tersebut meninggal dunia. Pasien ini sebelum dibawa ke Moewardi sudah panas selama empat hari di rumah," katanya.

Meski demikian, sejauh ini belum ada pasien dari Solo dengan kasus gagal ginjal akut yang ditangani oleh RSUD Dr Moewardi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement