Rabu 19 Oct 2022 13:18 WIB

Wilayah Terdampak Bencana Meluas Hingga Sembilan Kecamatan di Kabupaten Malang

Kecamatan Sumbermanjing Wetan termasuk daerah terdampak paling parah.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Agus raharjo
Warga membersihkan sisa banjir yang menggenangi rumahnya di desa Sitiarjo Sumbermanjingwetan, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/10/2022). Hujan deras yang melanda kawasan tersebut menyebabkan lima desa dari tiga kecamatan terendam banjir.
Foto: ANTARA/Purnomo
Warga membersihkan sisa banjir yang menggenangi rumahnya di desa Sitiarjo Sumbermanjingwetan, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/10/2022). Hujan deras yang melanda kawasan tersebut menyebabkan lima desa dari tiga kecamatan terendam banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Wilayah terdampak bencana di Kabupaten Malang semakin meluas. Saat ini, wilayah terdampak bencana mencapai sembilan kecamatan. Hal ini tertera dalam laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang hingga Selasa (18/10/2022) pukul 23.30 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan, sembilan kecamatan dilaporkan mengalami banjir luapan, banjir bandang dan tanah longsor. Rinciannya, yakni Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Dampit, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Kecamatan Gedangan.

Baca Juga

"Kemudian Kecamatan Bantur, Kecamatan Pagak, Kecamatan Donomulyo dan Kecamatan Kalipare," kata Sadono saat dikonfirmasi Republika.co.id, Rabu (19/10/2022).

Untuk wilayah terdampak tanah longsor, Sadono menyebutkan ada lima kecamatan yang mengalaminya. Kelima kecamatan tersebut antara lain Ampelgading, Dampit, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan dan Tirtoyudo.

Dari sejumlah wilayah tersebut, Kecamatan Tirtoyudo tercatat paling banyak terdampak tanah longsor. Yakni sekitar 21 kepala keluarga (KK) dan sejumlah kerusakan sarana umum lainnya.

Sementara itu, banjir luapan terjadi di Kecamatan Bantur, Kecamatan Gedangan, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Donomulyo, Kecamatan Pagak dan Kecamatan Kalipare. Wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan termasuk daerah yang paling banyak terdampak bencana luapan, yaitu 945 KK dan jembatan akses desa ikut terputus.

Selanjutnya, banjir bandang terjadi di Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Ampelgading. Rinciannya, yakni 384 KK ikut terdampak bencana tersebut di Kecamatan Tirtoyudo. Kemudian dilaporkan terdapat dua jembatan, masing-masing satu gereja dan masjid, plengsengan, tiang listrik serta PJU rusak.

Ada pun untuk wilayah Kecamatan Ampelgading, Sadono mengungkapkan, 645 KK terdampak banjir bandang. Kemudian sekitar 250 hektare (ha) persawahan dilaporkan terendam air. "Itu terjadi di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement