Selasa 18 Oct 2022 17:15 WIB

Kepala KUA Perkirakan Kaesang akan Menikah di Yogyakarta

KUA Banjasari belum menerima berkas untuk pernikahan Kaesang Pangarep.

Rep: C02/ Red: Indira Rezkisari
Kaesang Pangarep
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah
Kaesang Pangarep

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Pernikahan putra bungsu Jokowi Kaesang Pangarep disebut akan berlangsung di akhir tahun ini. Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Solo Jateng, Arba'in Basyar, memperkirakan prosesi akad nikah Kaesang akan digelar di Yogyakarta.

Arba'in berpendapat bahwa jika secara adat Jawa, biasanya akad nikah bertempat sesuai asal mempelai perempuan. Sedangkan, ngunduh mantu baru dilaksanakan di kediaman laki-laki. Karena itu besar kemungkinan akad nikah Kaesang dilakukan ke kampung halaman Erina Gudono di Yogyakarta.

Baca Juga

"Kalau Mbak Erina dari Sleman dan masih memegang kepada adat, biasanya pernikahan di perempuan apalagi adat Jawa. Cuma setelah satu minggu itu biasanya mengunduh di tempat laki-laki," katanya, Selasa (18/10/2022).

Arbain memperkirakan hal tersebut setelah mendengar di berita Presiden Jokowi menyempatkan berkunjung ke hotel yang kemungkinan akan jadi tempat akad nikah. "Kemungkinan (di Sleman), karena putrinya (Erina) di Yogya, kemungkinan nikahnya di Yogya. Apalagi kemarin berita yang terakhir Pak jokowi lihat-lihat di Ambarukmo itu, tapi itu kemungkinan lho ya," terangnya.

Meski begitu, hingga saat ini Arba'in mengatakan, belum ada pihak yang datang ke KUA untuk mengurus berkas pernikahan. KUA Banjarsari sesuai KTP Kaesang disebut paling hanya akan mengurus surat rekomendasi untuk KUA yang akan dilangsungkan pernikahan.

"Kewajiban saya memberikan rekomendasi, jika nantinya pernikahan digelar di pihak perempuan, tapi sampai saat ini belum ada yang ke sini," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement