Senin 17 Oct 2022 22:13 WIB

Surya Paloh: Perjalanan Pemilu tak akan Mulus

Nasdem tetap akan berjuang memenangkan Anies sebagai presiden terpilih.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ilham Tirta
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.
Foto: Prayogi/Republika.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sudah mewanti-wanti seluruh kadernya jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. Ia menjelaskan, kontestasi nasional tersebut disebutnya tak akan berjalan mulus bagi partainya.

"Dalam perjalanan yang kita lalui dari tahapan-tahapan yang akan berlanjut sampai nanti pemilihan yang akan datang, saya sudah mengingatkan kita semua. Tidak semua perjalanan yang kita hadapkan itu berjalan smooth," ujar Surya dalam pidato peluncuran Nasdem Memanggil, Senin (17/10/2022).

Baca Juga

Menurutnya, jalan yang tak mulus tersebut menjadi tantangan bagi partainya jelang Pemilu 2024. Khususnya dalam memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai presiden terpilih untuk periode 2024-2029.

"Di jalan yang licin ada lobang-lobnang besar yang bersiap menghadapi kita, menghadang kita di depan. Jalan yang berputar, lengkak-lengkok, naik turun, itu adalah sebuah tantangan," ujar Surya.

Di samping itu, ia menyinggung pihak-pihak yang mempertanyakan komitmen pihaknya terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Apalagi, setelah pendeklarasian Anies  sebagai bakal capres.

Ia menegaskan, Partai Nasdem selalu menjadi pihak yang mendukung segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Jokowi. Termasuk saat pemerintah memutuskan untuk mengurangi subsidi harga bahan bakar minyak (BBM).

"Saya sambil bercanda bilang sama Pak  Jokowi, 'Bapak Presiden kita punya tujuh fraksi koalisi pemerintahan ini, ini kebijakan kenaikan BBM, enam fraksi tidak sepakat hanya satu fraksi (Partai Nasdem)'. Yang sepakat ini kalau tidak fraksi yang paling tolol atau paling loyalis tidak mungkin begini," ujar Surya.

Usai pendeklarasian Anies sebagai capres dari Partai Nasdem, tegas Surya, tak mengubah sikap pihaknya di pemerintahan. Partai Nasdem ditegaskannya tak takut untuk menghadapi fitnah dan isu miring terhadap partainya.

"Jadi kalau ada yang menggoda kita, ada mencoba ketangguhan, semangat, dan jiwa konsistensi Partai Nasdem ya boleh-boleh saja, tidak apa-apa. Kita adalah kita, tapi niat baik kita tidak bisa ditawar-tawar, semangat kita ya itulah kita komitmen kita," ujar Surya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement