Selasa 11 Oct 2022 18:50 WIB

Menteri PUPR: Audit Stadion Kanjuruhan Selesai Pekan Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebut audit Stadion Kanjuruhan selesai pekan ini.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Seorang suporter Arema FC (Aremania) berdoa di depan pintu tribun 12 Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebut audit Stadion Kanjuruhan selesai pekan ini.
Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Seorang suporter Arema FC (Aremania) berdoa di depan pintu tribun 12 Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebut audit Stadion Kanjuruhan selesai pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta audit Stadion Kanjuruhan, Malang agar selesai pada pekan ini. Setelah itu, audit baru dilakukan di stadion-stadion lainnya yang digunakan untuk kompetisi Liga 1,2,3.

“Jadi yang diminta oleh Pak Presiden lewat telpon, minggu ini selesai Kanjuruhan. Setelah itu baru yang lain-lainnya yang banyak suporternya, yang dipakai Liga 1,2,3 yang banyak suporternya itu yang diprioritaskan,” ujar Basuki di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga

Saat ini, audit di Stadion Kanjuruhan sedang dilakukan. Rencananya, Basuki akan mengunjungi Stadion Kanjuruhan pada Kamis (13/10/2022) mendatang.

“Karena Kamis harus laporan ke TGIPF. Jadi sekarang tim KKBG Komisi Keandalan Bangunan Gedung sedang kerja di sana. Baru kemarin berangkat,” kata dia.

Basuki mengatakan, audit keamanan dan keandalan bangunan difokuskan untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penonton. Ia mencontohkan saat merenovasi Gelora Bung Karno yang akan digunakan untuk Asian Games, terdapat standar yang harus dipenuhi untuk keselamatan penonton.

“(Standarnya) 15 menit harus full atau harus bisa kosong selamat, dengan kapasitas yang 80 ribu itu,” ujarnya.

Setelah dilakukan audit, stadion yang tidak memenuhi standar pun akan direnovasi. “Diaudit dulu, nanti tinggal renovasinya, tunggu,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan audit total seluruh infrastruktur stadion yang digunakan dalam pertandingan sepak bola. Jokowi tak ingin tragedi sepakbola yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) lalu tidak kembali terjadi di Tanah Air.

“Saya juga akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, semuanya. Apakah gerbangnya sesuai dengan standar? Cukup lebar?” kata Jokowi usai mengunjungi sejumlah korban tragedi Stadion Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar, Kota Malang, Rabu (5/10/2022).

Jokowi juga mendorong semua pihak untuk bersama-sama memperbaiki tata kelola pertandingan sepak bola di Indonesia, mulai dari manajemen lapangan, pertandingan, hingga pengelolaan stadion.

“Apakah gerbangnya sesuai dengan standar, manajemen lapangannya yang memegang kendali siapa, semuanya. Dari peristiwa ini kita harus perbaiki semuanya, manajemen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadion, semuanya harus kita audit total,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement