Sabtu 08 Oct 2022 10:15 WIB

460 Warga Purabaya Sukabumi Terdampak Banjir

Banjir disebabkan meluapnya Sungai Cibening pada Jumat (7/10/2022).

Ilustrasi banjir.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat hingga Sabtu (8/10/2022) sekitar pukul 07.00 WIB jumlah warga yang terdampak bencana banjir akibat meluapnya Sungai Cibening, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencapai ratusan jiwa.

"Dari data yang dikeluarkan BPBD Kabupaten Sukabumi jumlah warga yang terdampak banjir sebanyak 140 kepala keluarga (KK) atau 460 jiwa," kata Kapolsek Purabaya AKP Iwan Kusmawan saat memimpin tim gabungan penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Purabaya, Sabtu (8/10/2022).

Baca Juga

Akibat meluapnya Sungai Cibening pada Jumat (7/10/2022) sejumlah dusun terendam banjir dengan ketinggian 70-200 cm, seperti di Dusun Purabaya ada tiga RT yang terdampak dan Dusun Miramintana juga ada tiga RT yang terendam banjir.

Sementara Staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin mengatakan personelnya sudah berada di lokasi untuk membantu warga yang terdampak bencana banjir tersebut.

Hingga saat ini air masih merendam sejumlah permukiman, fasilitas umum maupun tempat ibadah, namun di beberapa titik air sudah mulai surut. Pihaknya pun membantu BPBD untuk melakukan asesmendan menanggulangi bencana banjir ini bersama Forkopimcam Purabaya dan relawan lainnya.

"Kami masih melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir untuk dibawa ke tempat yang lebih aman, namun tim gabungan penanggulangan banjir Kecamatan Purabaya belum mendapat informasi adanya korban jiwa," katanya.

Ariel mengatakan personel yang ditugaskan ke lapangan dibagi menjadi dua tim yakni membantu evakuasi warga yang terdampak dan tim lainnya bersiaga serta memberikan pelayanan di lokasi pengungsian untuk memastikan kesehatan pengungsi.

Pihaknya pun masih melakukan pendataan terhadap kebutuhan warga agar logistik yang dikirim ke lokasi dari gudang logistik PMI Kabupaten Sukabumi sesuai dengan apa yang dibutuhkan warga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement