Selasa 04 Oct 2022 15:43 WIB

Pembangunan Perpustakaan Daerah Kota Bogor Ditarget Selesai Akhir Tahun

Pembangunan Perpusda Kota Bogor sudah mencapai 73 persen

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nur Aini
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto meninjau progres revitalisasi Perpusda Kota Bogor di eks Gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (21/10).
Foto: shabrina zakaria
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto meninjau progres revitalisasi Perpusda Kota Bogor di eks Gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (21/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, terus mengawal progres pembangunan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Bogor di eks Gedung DPRD Kota Bogor. Saat ini, pembangunan Perpusda Kota Bogor sudah mencapai 73 persen dan ditarget selesai akhir tahun.

Bima Arya menyebutkan, pembangunan Perpusda Kota Bogor mengalami defiasi positif 8 persen. Di samping itu, dalam peninjauannya pada Selasa (4/10/2022), ia menilai kualitas pembangunan gedung tersebut baik.

Baca Juga

“Tapi saya pastikan tadi bahwa buku-bukunya semua dimaksimalkan untuk diisi dan ditambah. Jadi kapasitas yang ada sekarang cukup untuk menampung buku-buku yang ada. Tapi saya minta terus ditambah lagi koleksi-koleksi baru,” kata Bima Arya kepada awak media, Selasa (4/10/2022).

Di samping itu, ia meminta nantinya ada pojok khusus Hak Asasi Manusia (HAM). Di mana dalam Pojok HAM tersebut terdapat buku-buku tentang HAM, sehingga masyarakat bisa melalukan riset tentang HAM di Perpusda Kota Bogor.

 

Selain itu, kata Bima Arya, akan ada pojok untuk edukasi dan literasi anak-anak. Termasuk juga ruang digital, sehingga masyarakat termasuk anak-anak bisa belajar secara visual dan digital.

Ditambah lagi, sambung dia, ada auditorium seperti bioskop mini yang bisa digunakan untuk diskusi, peluncuran buku atau book launching, serta untuk tamu-tamu yang akan melihat sejarah Bogor.

 

“Dan segala sesuatunya berjalan dengam baik. Dijadwalkan bulan Desember awal atau pertengahan sudah bisa diresmikan. Dan masih ada satu lantai yang masih kami siapkan konsepnya. Untuk menjadi galeri Kota Bogor juga,” kata dia.

Untuk menarik minat baca masyarakat, Bima Arya menilai, di Perpusda Kota Bogor harus dikombinasikan dengan acara-acara atau event-event yang dipusatkan di gedung tersebut.

 

“Jadi makanya tadi anak-anak bisa dibawa berdiskusi di ruang ruang ini, bisa putar film, dan ada banyak kegiatan di sini untuk merangsang minat baca anak-anak,” ucapnya.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Agung Prihanto, mengatakan Perpusda Kota Bogor ditargetkan selesai pada 23 November 2022 serta siap diresmikan dan digunakan pada Desember 2022.

 

“Sekarang pembangunan tinggal finishing saja, termasuk rak-rak. Nanti ada tempat baca di setiap ruangan ada. Untuk difabel juga ada,” ujarnya.

Terkait ketersediaan buku, Agung mengakui, Perpusda Kota Bogor belum memiliki semua buku. Sebab, setiap tahun ada penulis dan pencetak buku yang menulis buku.

“Makanya kita tiap tahun ada pengadaan buku untuk melengkapi koleksi. Jadi buku itu tidak statis, dinamis. Selain kita juga mencari buku-buku langka. Kita mencari itu juga untuk koleksi kita,” kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement