Jumat 30 Sep 2022 19:33 WIB

BPOM Perkirakan Izin Penggunaan Darurat Vaksin InaVac Terbit Awal Bulan Depan

Vaksin InaVac merupakan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito. Menurut Penny, Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Covid-19 InaVac diperkirakan dapat terbit pada awal Oktober 2022.
Foto:

Vaksin InaVac produksi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia bekerja sama dengan peneliti Universitas Airlangga mengusung platform inactivated virus atau virus yang dilemahkan. PT Biotis menempatkan fasilitas produksinya di kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan kapasitas produksi downstream hingga 20 juta dosis per bulan.

Namun, khusus pada tahap awal, kapasitas produksi akan ditingkatkan hingga lima juta dosis per bulan. "Saat ini sedang dianalisis aspek mutunya berdasarkan produksi, tentunya fasilitas produksinya juga. Kemudian yang kedua adalah aspek hasil uji klinisnya," kata Penny.

Penny berharap EUA untuk Vaksin InaVac bisa diterima tepat waktu. Dengan begitu, kehadiran Vaksin Merah Putih tersebut menambah varian produk serta menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement