Ahad 18 Sep 2022 17:53 WIB

Dies Natalis IPB ke-59, Alumni IPB Sukabumi Gerakkan Bakti Alumni

Dengan acara bakti alumni ini diharapkan silaturahmi antar Alumni IPB kian erat

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Sejumlah kegiatan sosial digelar Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Kota/Kabupaten Sukabumi dalam rangka merayakan Dies Natalis IPB ke-59 di Kota Sukabumi, Sabtu (17/9/2022).
Foto: dok. istimewa
Sejumlah kegiatan sosial digelar Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Kota/Kabupaten Sukabumi dalam rangka merayakan Dies Natalis IPB ke-59 di Kota Sukabumi, Sabtu (17/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Kota/Kabupaten Sukabumi ikut merayakan Dies Natalis IPB ke-59 dengan berbagai kegiatan. Harapannya berbagai kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan menberikan kebermanfaatan.

Kegiatan yang dilakukan seperti penanaman pohon, donor darah, pelayanan kesehatan hewan kesayangan (Vaksinasi Rabies Gratis), bantuan pembangunan madrasah, pemberian beasiswa dan donasi. Selain itu panen golden melon dan galeri anggrek, pemberian bibit HMT Indigofera dan konsultasi pertanian digelar di Kampus Sekolah Vokasi IPB Sukabumi, Jalan Sarasa, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi pada Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga

'' Kami mengucapkan terima kasih kepada alumni IPB yang memilih Kampus IPB Sukabumi sebagai lokasi diadakannya kegiatan bakti alumni,'' ujar Wakil Manajer Kampus IPB Sukabumi, Prima Gandhi yang mewakili Dekan Sekolah Vokasi IPB dalam keterangan pers, Ahad (18/9/2022). Ia mengatakan Himpunan Alumni merupakan modal sosial yang ikut mempengaruhi performa IPB University.

Kedepan lanjut Gandhi, mengharapkan kolaborasi dari Alumni IPB Sukabumi untuk mensukseskan program D4 (Sajana Terapan) untuk sejunlah program studi. Di antaranya Komunikasi, Manajemen Agribisnis, Ekowisata, Teknologi Industri Benih, Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, serta Teknologi dan Manajemen Ternak dalam mewujudkan Teaching Factory (TeFa) di Kampus seluas 30 Hektar ini.

Ketua HA IPB Kota Sukabumi Endang Kusdarini menerangkan, dengan acara bakti alumni ini diharapkan silaturahmi antar Alumni IPB di Kota dan Sukabumi semakin erat. '' Acara ini juga menjadi wujud nyata kontribusi HA IPB Sukabumi kepada almamater tercinta,'' imbuh dia.

Menurut Endang, ada lima prinsip yang harus dipegang dalam kerangka memperkuat soliditas Alumni IPB di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Di antaranya saling mengenal, saling memahami, saling membantu, berbagi dan saling menanggung.

Di samping itu penguatan jaringan alumni IPB diperlukan untuk meningkatkan kebersamaan antar sesama alumni. Di mana, DPC HA IPB Kota/Kabupaten Sukabumi telah menyusun berbagai agenda untuk memperkuat jaringan dan menjadi wadah untuk mewujudkan keterlibatan alumni tersebut.

Pelibatan SV IPB dan Perumda Agro dalam kegiatan diskusi publik ini kata Endang, selain untuk mendapatkan berbagai kajian dan analisis mengenai pembangunan dan pengembangan SDM. Melainkan juga untuk menjajaki kerja sama antar lembaga HA IPB dengan SV IPB, dunia Usaha dan Perumda Agro.

Ketua HA IPB DPD Jabar Amas Wijaya, Ketua HA IPB DPD Jabar yang sambutannya disampaikan oleh Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Program Pertanian mengatakan, agar kegiatan ini berkelanjutan dan bisa terus dikembangkan karena sudah melibatkan sinergi pentahelix ABCGM yang melibatkan Perguruan Tinggi, Dunia usaha, Pemerintah, masyarakat dan media. '' Kolaborasi ini sangat dibutuhkan dan relevan, terutama untuk menguatkan peran alumi dalam agribisnis di Sukabumi,'' cetus dia.

Seperti diketahui acara ini dihadiri ratusan alumni IPB dan peserta rangkaian kegiatan bakti alumni. Dalam acara tersebut dihadir juga oleh Yudi Indriawan, Ketua HA IPB Kabupaten Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sry Hastuty Harahap, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina, Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Agro Sukabumi Mandiri, Mukhlis Yusuf.

Selain itu Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi, Abdul Kholik Fajdawani, Ate Rahmat mantan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Sukabumi, pemilik Slamet Quail Farm (SQF), Slamet Wuryadi Duta Milenial Pembanguan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Arie Ekawati (owner roti mochi dan penjahit pet Sukabumi), Hendri Wijaya dosen SV IPB yang merupakan alumni IPB lintas angkatan.

Salah seorang siswa SD Kampung Loa Sari RT 01 RW 01 Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibereum, Gina beserta 9 orang anak yatim disekitar kampus mengucapkan terima kasih atas santunan yang diberikan oleh Himpunan Alumni IPB Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dua Masjid disekitar kampus juga mendapatkan donasi Al Quran dan perangkat alat solat dari alumni HA IPB Sukabumi. SLB B (Tuna Rungu) Budi Nurani mendapat donasi beasiswa yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement