Kamis 15 Sep 2022 19:57 WIB

Dokter: Vaksin Covid-19 yang Ada Saat Ini Masih Efektif, tidak Mendesak Ganti yang Baru

Vaksinasi dosis penguat memberikan perlindungan tinggi terhadap omicron.

Vaksin Covid-19 yang ada saat ini masih efektif untuk varian corona. (ilustrasi)
Foto: Pxhere
Vaksin Covid-19 yang ada saat ini masih efektif untuk varian corona. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Erlina Burhan mengatakan, vaksin yang tersedia saat ini masih efektif untuk menghadapi berbagai varian corona.

"Jadi tidak terlalu emergency untuk segera punya vaksin baru," kata dia dalam sebuah webinar kesehatan, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga

Erlina mengatakan, vaksinasi dosis penguat atau booster dengan viral vector memberikan perlindungan tinggi terhadap omicron, baik itu seperti halnya mRNA. Keduanya memberikan tingkat perlindungan tinggi baik disuntikkan sebagai booster homolog atau heterolog dari jenis vaksin yang diterima.

Berdasarkan rekomendasi dari 22 ahli dari Asia dan Amerika Latin yang terlibat dalam sebuah tinjauan pada lebih dari 50 studi di dunia, strategi peningkatan booster berkelanjutan dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi setahun sekali untuk populasi umum, dan setiap enam bulan untuk kelompok rentan seperti mereka yang hidup dengan penyakit kronis. Dalam kesempatan itu, Tim Pakar Satuan Tugas Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Komnas KIPI Prof Hinky Hindra Irawan Satari mengatakan, surveilans KIPI terkait keamanan vaksin dilakukan berkesinambungan untuk memastikan vaksin yang digunakan aman.

Menurut dia, adapun, penelitian yang dilakukan mencakup jutaan individu, mengkonfirmasi profil keamanan vaksin Covid-19 yang tersedia. Utamanya jika dilihat dari resiko akibat infeksi Covid-19.

"Setelah 12,5 miliar dosis vaksin Covid-19 diberikan secara global, kami dapat yakin dengan profil keamanan vaksin yang tersedia saat ini," kata dia.

Data surveilans KIPI menunjukkan vaksin Covid-19 Adenovirus rekombinan aman sebagai vaksin primer maupun booster dan manfaat yang diperoleh jauh lebih besar. Selain itu, baik data global ataupun di Indonesia, menunjukkan vaksin ini aman sampai dengan saat ini.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement