Kamis 15 Sep 2022 09:05 WIB

Lantai 4 Gedung Kemendes Kebakaran

Dua pekerja yang berada di ruangan engineering terpaksa lari naik ke lantai 7.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus Yulianto
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) saat melakukan proses evakuasi korban kebakaran. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) saat melakukan proses evakuasi korban kebakaran. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran melanda lantai 4 gedung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jalan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (14/9) malam. Diduga kebakaran yang dilaporkan oleh warga sekitar pukul 21.36 WIB itu, terjadi akibat konsleting listrik.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran karena korsleting,” ujar Perwira piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Paryo, saat dikonfirmasi pada Kamis (15/9).

Menurut Paryo, kebakaran itu diketahui oleh dua orang pekerja bernama Joni (53 tahun) dan Jaya (49) sedang menonton televisi di ruang engineering. Kemudian secara tiba-tiba lampu mati, lalu menelepon rekannya yang berada di lantai bawah dan oleh rekannya itu diberitahui bahwa telah terjadi kebakaran di lantai 4 Kemendes PDTT.

“Ketika berusaha turun tidak bisa dikarenakan terhalang asap kemudian naik ke lantai 7 (rooftop) untuk mengamankan diri,” kata Paryo.

Kata Paryo, pihaknya mengerahkan 72 personel dan 14 mobil pemadam untuk memadamkan api di lantai 4 gedung kementerian itu. Kemudian api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.05 WIB.

Beruntung dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban luka maupun jiwa dari insiden kebakaran. Namun kerugian akibat kebarakaran itu sekitar Rp 1,5 miliar.

“Setelah Petugas Damkar sampai di TKP mereka meminta bantuan petugas untuk mendampingi turun kelantai dasar,” ungkap Paryo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement