Senin 12 Sep 2022 19:53 WIB

Curiga Warganet ke PSSI Soal JIS: Bau Aroma Politis, 'Asal Bukan Anies'

PSSI batal menggunakan JIS saat timnas Indonesia menjamu Curacao pada 27 September.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berfoto bersama dengan suporter saat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) di JIS, Jakarta, Ahad (24/7/2022). Belakangan PSSI batal menggunakan JIS untuk menjamu Curacao pada FIFA Match Day, 27 September 2022. PSSI menilai JIS belum layak secara infrastruktur untuk menggelar laga sepak bola dengan animo penonton yang tinggi. (ilustrasi)
Foto:

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria pada Senin (12/9/2022), menegaskan Jakarta International Stadium (JIS) sudah memenuhi standar internasional. Meskipun, ia mengakui JIS tetap membutuhkan penyempurnaan.

"Sebetulnya JIS itu dibuat sedemikian tidak hanya bagus megah juga memenuhi standar internasional. Nanti ada beberapa yang memang harus disempurnakan, kami akan sempurnakan," kata Riza Patria di Jakarta, Senin.

Riza merespons pernyataan PSSI yang menyebut JIS belum layak untuk menggelar FIFA Match Day setelah dilakukan uji kelayakan.

"Secara umum JIS itu tidak hanya baik dan megah, tapi juga kapasitas yang besar dan memenuhi standar internasional, tapi dari PSSI ada beberapa tambahan syarat yang harus dipenuhi," ucapnya.

Sementara itu, BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS mengatakan stadion anyar di Ibu Kota itu sesuai dengan standar FIFA. Jakpro mengeluarkan sejumlah poin yang mengungkap JIS sudah sesuai dengan kriteria stadion standar FIFA.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKPRO GROUP (@jakprogroup)

 

Jakpro menegaskan JIS telah berstandar FIFA berdasarkan kelengkapan fasilitas, infrastruktur, serta memenuhi rekomendasi, teknis dan persyaratan hingga penyediaan fasilitas ramah bagi siapa pun. Jakpro menyatakan JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris, yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion sepak bola modern seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

"JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa, baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh asesor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," ujar Pelaksana Tugas Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo.

 

photo
Jakarta International Stadium tahun ini dipakai untuk Shalat Idul Fitri 2022 - (Republika)

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement