Ahad 11 Sep 2022 21:06 WIB

Airlangga Instruksikan Golkar Dirikan Posko Bantuan Korban Gempa Mentawai

Posko Golkar Peduli menyediakan obat-obatan, sembako, hingga kebutuhan bayi.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan pidato saat meresmikan wajah baru kantor DPD Partai Golkar Jawa Tengah di Semarang, Senin (4/7/2022).
Foto: Istimewa
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan pidato saat meresmikan wajah baru kantor DPD Partai Golkar Jawa Tengah di Semarang, Senin (4/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menginstruksikan seluruh kader Golkar membantu warga korban gempa di Pulau Sibereut, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Khususnya kepada seluruh kader Golkar di Mentawai dan Sumatra Barat.

Gempa dengan magnitudo 6,1 dan 5,4 mengguncang barat laut Kepulauan Mentawai di Provinsi Sumatra Barat, pada Ahad (11/9/22). "Saya sudah perintahkan pengurus Golkar Mentawai dan Sumbar untuk segera memberikan bantuan yang diperlukan korban gempa", ujar Airlangga dalam keterangan, Ahad (11/9/2022).

Baca Juga

Instruksi Ketum Golkar Airlangga Hartarto langsung ditindaklanjuti jajaran pengurus di daerah. Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kepulauan Mentawai Yakub Saguruk bahkan turun langsung untuk membantu mendirikan posko 'Golkar Peduli' di Mentawai.

Posko ini menjadi bentuk tanggap bencana partai berlambang pohon beringin terhadap kesulitan warga terdampak gempa. Posko Golkar Peduli akan menyediakan bantuan berupa obat-obatan, sembako, mi instan, tenda, perlengkapan mandi, hingga kebutuhan bayi dan balita seperti popok dan susu.

Berdasarkan data sementara dari Posko Golkar Peduli, sebanyak ratusan warga Mentawai menjadi korban terdampak gempa. Mereka terpaksa harus mengungsi di berbagai tempat yang dinilai lebih aman. Salah satunya di Posko Golkar Peduli.

Data Badan Geologi mencatat, sebaran pemukiman penduduk yang mengalami guncangan gempa terletak di Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa menengah hingga tinggi. Gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami. Kondisi saat ini, warga setempat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat dan tetap waspada dengan adanya gempa susulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement