Jumat 09 Sep 2022 05:27 WIB

Angkat Potensi UMKM, Terminal Bus di Sukabumi Sediakan Coffe Shop dan Bale

Keberadaan dua layanan ini dibuka sejak awal September 2022 lalu

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Terminal Tipe A Kota Sukabumi terus berinovasi dalam memberikan kenyamanan kepada calon penumpang maupun awak bus. Salah satunya dengan menyediakan layanan rest area yaitu coffe shop T
Foto: istimewa
Terminal Tipe A Kota Sukabumi terus berinovasi dalam memberikan kenyamanan kepada calon penumpang maupun awak bus. Salah satunya dengan menyediakan layanan rest area yaitu coffe shop T

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Terminal Tipe A Kota Sukabumi terus berinovasi dalam memberikan kenyamanan kepada calon penumpang maupun awak bus. Salah satunya dengan menyediakan layanan rest area yaitu coffe shop T'Buzz dan Bale Haur Koneng.

Keberadaan dua layanan ini dibuka sejak awal September 2022 lalu. Selain memberikan kenyamanan kepada penumpang dan awak bus juga membantu mengangkat potensi UMKM di Kota Sukabumi.'' Kedua fasilitas ini dapat digunakan oleh penumpang maupun awak bus untuk beristirahat,'' ujar Kepala Terminal, Yukky Rahmat Yunus kepada Republika, Kamis (8/9/2022). Di mana di tempat T'Buzz dengan konsep cafe dengan live musik.

Baca Juga

Sementara di Bale Haur Koneng dengan tema konsep sunda. Selain tempat istirahat, sarana ini juga dimanfaatkan pula sebagai tempat pembelajaran bagi pelajar.

Hal ini karena, Terminal Sukabumi bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi telah beberapa kali menerima kunjungan PAUD dan TK. Dalam rangka edukasi Sadar Lalu Lintas Bagi Anak Usia Dini (SALUD).

''Keberadaan dua sarana ini juga merupakan bagian dari upaya untuk mengangkat potensi UMKM setempat,'' ungkap Yukky. Misalnya seperti dengan adanya penjualan berbagai aksesoris khas Sunda di Bale Haur Koneng, hasil produksi UMKM dan pemberdayaan barista di T'Buzz.

Menurut Yukky, Bale Haur Koneng didekorasi dengan mengangkat tema Sunda. '' Sebuah upaya untuk merawat dan melestarikan kebudayaan khususnya kesundaan,'' cetus dia.

Semoga lanjut Yukky, dengan kehadirian baik café maupun bale ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Bukan hanya oleh para pengunjung terminal, tetapi juga oleh masyarakat luas, karena kedua fasilitas tersebut dibuka untuk umum.

Salah seorang penumpang Arif (40 tahun) mengatakan, adanya layanan ini memberikan kenyamanan kepada penumpang. Terlebih harga minuman atau makanan di kedua lokasi ini sangat terjangkau.'' Jadi bisa istirahat dengan nyaman sebelum berangkat ke tujuan,'' kata Arif. Selain itu bisa membeli cenderamata atau pernak pernik sunda seperti iket dan lain sebagainya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement