Senin 05 Sep 2022 14:07 WIB

WhatsApp Wali Kota Tasikmalaya Diretas, Dipakai Menggalang Donasi

Akun penipu juga menggunakan foto profil dan mengatasnamakan Wali Kota Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf
Foto: Republika/Bayu Adji
Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, menerima laporan terkait kasus penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Penipuan itu dilakukan dengan dalih menggalang donasi untuk membangun rumah tahfidz.

"Ada yang mengkloning (WhatsApp) saya, melakukan penipuan ke PAUD dan Yayasan. Tolong disebarkan itu bohong," kata dia, Senin (5/9/2022).

Baca Juga

Yusuf juga menunjukkan pesan WhatsApp yang disampaikan penipu itu kepada wartawan. Penipu itu mengirimi pesan kepada pimpinan yayasan dan PAUD untuk meminta donasi. Akun penipu itu juga menggunakan foto profil dan mengatasnamakan Wali Kota Tasikmalaya.

Beruntung, menurut dia, sejauh ini belum ada pihak yang termakan oleh pesan penipu tersebut. Yusuf juga telah memerintahkan sekretaris pribadinya untuk memberi peringatan kepada para pimpinan yayasan untuk tidak memberikan donasi dalam bentuk apapun kepada orang yang mengatasnamakan dirinya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya pimpinan yayasan, untuk tidak meladeni akun penipu yang mengatasnamakan dirinya. Ia menegaskan, dirinya tak pernah meminta donasi kepada yayasan. 

"Kalau ada yang mengatasnamakan saya, itu penipuan. Itu pakai foto saya, menggalang donasi. Itu bukan nomor saya" ujar dia.

Yusuf menambahkan, pihaknya akan segera melaporkan kasus itu kepada aparat kepolisian. Pasalnya, penipuan itu telah membuat namanya tercemar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement