Rabu 31 Aug 2022 05:44 WIB

Basarnas Banten Cari Nelayan yang Hilang di Perairan Binuangeun, Lebak

Kapal Motor (KM) Bintang mati mesin, dua penumpang selamat, dan satu lainnya hilang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Basarnas Banten mencari nelayan Kabupaten Lebak di Perairan Binuangeun akibat Kapal Motor Bintang mati mesin.
Foto: Foto : MgRol112
Basarnas Banten mencari nelayan Kabupaten Lebak di Perairan Binuangeun akibat Kapal Motor Bintang mati mesin.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Basarnas Banten melakukan operasi pencarian terhadap seorang nelayan bernama Jarman (49 tahun), yang dilaporkan hilang di Perairan Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (30/8/2022). Kepala Basarnas Banten Adil Triyanto mengatakan, pihaknya menerima laporan nelayan hilang pada Selasa pukul 09.15 WIB.

Laporan itu terkait insiden Kapal Motor (KM) Bintang mati mesin di Perairan Binuangeun, akibat cuaca buruk. Berdasarkan laporan, kapal nelayan KM Bintang pada Senin (29/8/2022) pukul 13.00 WIB berlayar dari Pelabuhan Ratu menuju Pelabuhan Binuangeun dengan POB tiga orang, antara lain Iwan (40) sebagai kapten, Aming (40) dan Jarman (40) selaku anak buah kapal (ABK).

Ketiga nelayan KM Bintang itu semuanya warga Wanasalam, Kabupaten Lebak. Para nelayan KM Bintang itu hendak memasuki pelabuhan ikan di Binuangeun. Hanya saja, sekitar dua kilometer dari pelabuhan, menurut Adil, mesin kapal mati akibat diterjang gelombang tinggi. Alhasil, kapal bermalam dan mengapung di tengah laut.

Dengan demikian, Basarnas Banten memberangkatkan satu tim rescue dari Pos Unit Siaga Lebak untuk melakukan evakuasi terhadap nelayan KM Bintang. Tim SAR Gabungan menemukan dua orang korban yang selamat berenang menuju tepi pantai atas nama Iwan dan Amin. Saat ini, keduanya langsung dibawa ke Puskesmas Binuangeun.

Sedangkan, satu orang lagi atas nama Jarman menghilang dan kini masih dalam pencarian tim SAR gabungan. "Kami berharap nelayan yang hilang itu bisa ditemukan dalam kondisi selamat," katanya di Kabupaten Lebak, Selasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement