Selasa 30 Aug 2022 13:19 WIB

Dua Nelayan Asal Jepara Terseret Ombak Hingga ke Perairan Bekasi

Kedua nelayan berada di laut dengan kondisi mesin perahu mati selama 12 hari.

Tim SAR gabungan dan perahu nelayan. (ilustrasi)
Foto: Antara/Seno
Tim SAR gabungan dan perahu nelayan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA--Dua nelayan asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang dikabarkan hilang ketika keduanya melaut akhirnya ditemukan selamat bersama perahunya. Kedua nelayan ditemukan terseret ombak hingga di perairan Bekasi.

"Kedua nelayan selamat tersebut, yakni Broto asal Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo dan Triyono asal Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara," ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto, di Jepara, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, kedua nelayan tersebut ditemukan nelayan dari Bekasi saat keduanya terlihat di perairan setempat dalam kondisi mesin perahu mati pada Senin (29/8/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Selanjutnya, kata dia, kedua nelayan tersebut mendapatkan pertolongan nelayan setempat dan saat ini keduanya menginap di rumah nelayan setempat, menunggu penjemputan dari pihak keluarga dari Jepara.

Dengan demikian, imbuh dia, kedua nelayan tersebut berada di laut dengan kondisi mesin perahu mati selama 12 hari. Keduanya berangkat melaut sejak Kamis (18/8/2022) sekitar pukul 15.00 WIB dari Perairan Bondo menuju Perairan Empurancak, Kecamatan Mlonggo, Jepara.

Seharusnya, keduanya pulang dari melaut pada Jumat (19/8/2022) sekitar pukul 03.00 WIB, namun keesokan harinya belum pulang sehingga dilakukan pencairan ke berbagai tempat.

"Kami juga sudah menginformasikan hilangnya dua nelayan ke sejumlah komunitas nelayan di Kabupaten Batang, Pekalongan, dan Karimunjawa serta meminta bantuan Polda Jateng untuk melacak nomor telepon salah satu nelayan yang hilang tersebut. Ternyata tidak bisa dilacak karena teleponnya mati sejak awal," ujarnya.

Untuk itu, dia berharap, para nelayan untuk selalu membawa jaket pelampung dan alat komunikasi guna memudahkan pelacakan ketika terjadi sesuatu di laut. Perbekalan juga harus dipastikan tersedia cukup dan lapor ketika hendak melaut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement