Rabu 24 Jan 2024 17:43 WIB

12 ABK Kapal Putra Sumber Mas Ditemukan Selamat, Tiga dalam Pencarian

Tim SAR gabungan masih melakukan operasi pencarian di perairan selatan Sumenep

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang (ilustrasi)
Foto: Dok. Kantor SAR Bandung
Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Mahmud Afandi mengungkapkan, sebanyak 12 dari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas yang sempat hilang di perairan Sumenep akhirnya ditemukan. Sementara tiga orang sisanya masih dalam pencarian.

Mahmud mengatakan, 12 ABK ditemukan dalam keadaan selamat di perairan selatan Pulau Kangean, Sumenep. "Benar (telah ditemukan). Kondisinya selamat, saat ini kami evakuasi," ujarnya, dikonfirmasi Rabu (24/1/2024).

Terkait tiga ABK yang masih dalam pencarian, Mahmud memastikan, tim SAR gabungan masih melakukan operasi pencarian. Ia berharap mereka ditemukan dengan kondisi selamat seperti 12 lainnya. "Sisa ABK yang belum ditemukan masih proses pencarian," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengerahkan KN SAR 249 Permadi dan RIB 01 untuk mencari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas di perairan laut utara Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura.

Kapal Putra Sumber Mas ini berangkat dari pelabuhan Brondong Lamongan untuk mencari ikan di perairan laut sekitar Pulau Masalembu, Sumenep, Madura, pada Sabtu (6/1/2024). Setelah melaut selama 14 hari, Kapal Putra Sumber Mas berencana kembali ke Lamongan melewati perairan laut utara Pulau Madura.

Kemudian, pada Sabtu (20/1/2024), sekitar pukul 07.30 WIB, kapal mengalami mati mesin karena kemasukan air laut. Seorang ABK, Ubaid, menginformasikan kejadian ini kepada Kapid (nahkoda yang tidak berlayar), untuk kemudian diteruskan kepada pemilik kapal dan perhimpunan nelayan Pelabuhan Dungkek untuk bantuan pencarian. Karena pencarian tidak membuahkan hasil, nelayan kemudian melaporkan ke petugas Satpolairud Polres Sumenep.

Adapun 15 ABK yang ada di Kapal Putra Sumber Mas adalah Rohmat Mustakim (selaku Nahkoda kapal), Ubaid, Andriko, Suburno, Anton, Nizar, Kasno, Fauzi, Slamet, Budi, Rosid, Mul, Bidin, Nyamek, dan Drajat. Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dengan mempertimbangkan dinamika kondisi cuaca di lokasi pencarian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement