Sabtu 27 Aug 2022 17:13 WIB

Pemkot Depok Gelar Program Sterilisasi Kucing Secara Gratis

Dengan sterilisasi membuat populasi kucing menjadi sehat, terkendali, dan bahagia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Dokter hewan melakukan sterilisasi kepada kucing peliharaan warga di Alun-Alun Kota Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). l 27 April 2022.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Dokter hewan melakukan sterilisasi kepada kucing peliharaan warga di Alun-Alun Kota Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). l 27 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Hewan (UPTD Puskeswan) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Jawa Barat mengadakan program sterilisasi 77 ekor kucing jantan domestik secara gratis. Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, program itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-77 Republik Indonesia yang berlokasi di Alun-Alun Kota Depok.

Kegiatan sterilisasi berlangsung selama lima hari pada 5-9 September 2022. Widyati mengataka,n pendaftaran dibuka tanggal 29 Agustus 2022, pukul 11.00 WIB secara daring.

"Apabila pemilik tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan, maka kuotanya dinyatakan hangus. Dengan sterilisasi membuat populasi kucing menjadi sehat, terkendali, dan bahagia," ujarnya di Kota Depok, Sabtu (27/8/2022).

Terdapat sejumlah syarat bagi pemilik kucing yang ingin hewan peliharaannya disterilisasi. Antara lain pemilik hewan merupakan warga Depok dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) Kota Depok, serta satu KK hanya bisa mendaftarkan satu ekor kucing.

 

Kemudian, kuota 15 sampai 16 ekor per hari dengan total 77 ekor, hanya untuk kucing jantan domestik, umur hewan minimal sembilan bulan. Kemudian hewan dalam keadaan sehat, kucing yang disteril wajib dilakukan eartip.

Lalu, bagi yang sudah berhasil mendaftar wajib konfirmasi dengan mengirimkan screenshot berhasil mendaftar atau email telah mengisi form beserta nama pendaftar dan foto kucing full body tampak (depan, samping dan belakang) ke nomor Whatsapp Puskeswan Kota Depok (0812-9201-0132). Selanjutnya, akan diverifikasi oleh petugas terkait ketentuan dan jadwal steril.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement